5 Langkah Mengatasi Masalah Umum Windows

Komputer merupakan bagian utama dari kehidupan kita sehari-hari. Namun sebagai perangkat lunak dan perangkat keras kita harus dapat memperbaiki, karena komputer kita semakin lama semakin berumur, padahal perangkat lunak dan perangkat keras berkembang begitucepat. Anda mungkin sering menemukan pesan kesalahan. Windows bekerja semakin lambat tanpa alasan yang jelas.

Sayangnya, kita tidak mengetahui segala permasalahan secara persis berikut cara permaasalannya Berikut adalah lima cara mudah untuk mengatasi masalah-masalah umum yang terjadi pada Windows.

Catat semua pesan kesalahan

Tidak semua pesan error dapat dipahami oleh pengguna komputer. Pencarian di web dengan mesin pencari akan membantu Anda menemukan penyebabnya. Artinya, selama Anda mencari dengan kata kunci yang tepat.

Cara terbaik untuk mengambil pesan kesalahan adalah dengan screen capture Bila Anda menggunakan Vista atau Windows 7’s gunakan Cut Tool, atau gunakan tombol Print Screen. Tekan tombol Print Screen pada keyboard Anda. Buka file baru di program gratis seperti Paint. Tekan Ctrl V untuk paste screen shot.

Backup file yang telah dihapus dihapus

Banyak dari kita yang tidak sengaja menghapus file penting. File yang dihapus sebenarnya tidak benar-benar dihapus dari Hard Drive. Anda mungkin dapat mengembalikannya dari Recycle Bin. Jika Anda telah mengosongkan, sebenarnya data itu tidak hilang. Data tersebut tetap pada drive Anda sampai diganti. Anda dapat menggunakan program gratis seperti Recuva untuk mengembalikan file yang dihapus.

Tentu saja, ada kalanya kita ingin data ingin hilang selamanya/benar-benar terhapus. Sebagai contoh, Anda mungkin akan menjual atau menyumbangkan komputer lama Anda. Dalam hal ini, Anda perlu program lain yang dapat membersihkan drive. Gunakan Eraser Heidi untuk overwrite data, menghapus drive dengan paksa.

Uninstall program lama anda

Ada banyak program online gratis di internet. Sangat sulit bagi kita untuk menolak godaan itu, sehingga program-program cepat terakumulasi pada komputer Anda. Program-program tersebut dapat menghabiskan ruang penyimpanan dan dapat memperlambat komputer Anda . Selain itu program tersebut dapat onflik dengan program lain.

Anda harus secara berkala menghapus program yang tidak Anda butuhkan. Klik Start, kemudian Control Panel dan pilih Program dan Fitur (Tambah atau Hapus Program di XP). Pilih program untuk menghapus dan klik Uninstall / Change (Hapus di XP). Ikuti petunjuk untuk menghapusnya dari komputer Anda. Dalam beberapa kasus, program-program meninggalkan history di bagian akhir. Gunakan Revo Uninstaller gratis untuk menghapus file-file dan folder yang tertinggal.


Bersihkan sistem tray

Program yang dibuka akan menempatkan ikon di system tray. Seiring waktu, system tray akan penuh dengan ikon. Dan, ini akan memperlambat komputer Anda. Program-program ini akan terus menggunakan memori sistem anda.

Klik kanan sistem tray dan pilih “ikon pemberitahuan Customize” (Properties di XP). Pilih “selalu menampilkan semua ikon dan pemberitahuan pada taskbar.” Di XP, hapus pilihan “Sembunyikan ikon tidak aktif.” Klik kanan ikon yang tidak dibutuhkan dan memilih untuk menutup program. Perhatikan bahwa program sering muncul pada system tray ketika Anda reboot. Program untuk mengatasi masalah ini adalah WhatInStart-up yang dapat digunakan untuk membantu Anda mengontrol program yang load saat start-up.

Berhati-hatilah menginstal perangkat lunak

Banyak program perangkat lunak gratis yang menginstall toolbar di browser dan program lkita lain yang terinstall. Akibatnya data-data kita  akan dikirimkan kepada pihak ketiga.

Pastikan untuk membaca monitor ketika menginstall software. Saya tahu, itu tidak menyenangkan. Hapus tanda centang opsi untuk memodifikasi file, menginstal add-on toolbar dan pilihan lain yang tampaknya salah dimana mereka berada.

Salam sukses,
Istiyanto

5 Langkah Mengatasi Masalah Umum Windows | istiyanto | 4.5