Akhirnya, Bisa Install Windows XP di Compaq V3736TU

Advertisement

Pada posting sebelumnya saya sudah menceritakan sedikit kekesalan saya karena susahnya menginstall Windows XP di Compaq V3736TU. Saya sempat frustasi karena saya ganti terus dari Vista, XP, Black Edition dan bolak-balik saya coba untuk install dengan Windows XP, karena memang dibandingkan dengan Vista, saat ini XP jauh lebih stabil. Selain itu program-program saya yang lama dapat saya manfaatkan kembali di XP, karena saat ini tidak semua program dapat berjalan di Vista.

Tepat setelah dua bulan percobaan saya, akhirnya kemarin saya bisa install notebook saya dengan Windows XP dengan sempurna, suara keluar, wifi lancar, vga lancar dan feature-feature lainnya  juga dapat berjalan dengan baik. Memang jika ingin mudahnya, Anda dapat langsung menginstall di Vista atau membayar teknisi dengan sedikit merogoh kocek Anda.

Memang untuk proses installnya tidak langsung klik 2x drivernya, trus selesai. Ada teknik-teknik yang harus dilakukan, terutama pada saat install driver soundcard. Jika ada yang membutuhkan driver-drivernya, silahkan tulis komentar di posting ini, dengan senang hati saya akan membantu Anda.

Beberapa jam sebelum keberhasilan instalasi, saya sempat mengikuti seminar opensource di JEC yang diselenggarakan Kompas Gramedia. Lumayan juga dapat gratisan Live CD Ubuntu terbaru. Memang seminar itu tidak khusus membicarakan ubuntu, namun lebih ke program Turbo Cash yang dibawakan oleh Mas Waraqah. Namun tidak apalah, yang penting saya dapat ilmu baru, karena sebelumnya saya lebih tertarik dengan Fedora Core daripada Ubuntu.

Dalam acara tersebut ada kuis yang diberikan oleh Mas Waraqah, dan kebetulan saya yang bisa menjawab, karena soalnya hanya soal matematika biasa (we..tidak tahu kalau saya guru matematika). Bisa jawab dan dapat DVD Repository Linux (5 DVD bo ….). Weleh…weleh, betapa beruntungnya aku.

Tak lama setelah itu saya install Windows XP dan langsung saya sandingkan dengan Linux Ubuntu, lancar dan tidak ada masalah. Ternyata, betapa cantiknya Ubuntu itu.

Advertisement
Akhirnya, Bisa Install Windows XP di Compaq V3736TU | istiyanto | 4.5