Akibat Kebiasaan “Ctrl + Z”

Sebagai orang yang sering menggunakan komputer, Anda mungkin tidak asing lagi dengan shortcut Ctrl+Z. Shortcut Ctrl+Z dalam komputer digunakan untuk undo atau membatalkan perintah sebelumnya. Hampir semua software yang terinstall di sistem operasi windows menggunakan shortcut yang satu ini.

Di Microsoft Word, Exel, PowerPoint, CorelDraw, Flash dan lain-lain menggunakan shortcut yang satu ini. Bahkan dalam Photoshop ada tool yang lebih canggih lagi dibandingkan Ctrl+Z, yaitu history yang dapat membatalkan perintah-perintah sebelumnya sebanyak yang kita inginkan dan pembatalan ini dapat kita atur berapa yang kita mau.

Shortcut merupakan cara cepat atau jalan pintas yang dilakukan dengan menekan tombol di keyboard sebagai pengganti cara biasa atau melalui menu yang disediakan dalam sebuah software. Sebuah software memiliki banyak shortcut dan Ctrl+Z merupakan salah satu yang tidak boleh Anda lupakan.

Kebiasaan menekan Ctrl+Z ternyata banyak membawa dampak dalam pola pikir yang terealisasi dalam tindakan kita. Hal ini dikarenakan setiap kali kita melakukan kesalahan ketika berhubungan dengan komputer, dengan mudahnya kita menekan Ctrl+Z. Akibatnya, kita tidak pernah memikirkan sebelumnya tindakan yang baik, benar dan sempurna, karena pikiran kita sudah terpola:  “..kan tinggal Ctrl+Z …”, selesai bukan ?

Dalam kehidupan kita, banyak hal yang harus dipikirkan terlebih dahulu sebelum kita melakukan sesuatu. Ada hal-hal yang tidak bisa kita batalkan begitu mudahnya. Misalnya, secara tidak sengaja  jari Anda terkena pisau dan terluka. Tentu saja Anda tidak dengan mudah mengatakan atau melakukan sesuatu: ” …Ctrl+Z” saja, selesai. Tidak bukan ? Anda tidak dapat membatalkan perintah sebelumnya karena itu kejadian unik yang tidak bisa kita ulangi.

Kamera-kamera saat ini juga membiasakan kita untuk bersikap instan, misalnya, setelah Anda memotret dan hasil gambar tidak seperti yang Anda inginkan, maka Anda tinggal men-delete gambar tersebut kemudia mengambil gambar lagi. Begitu mudahnya teknologi saat ini mempengaruhi pola pikir kita.

Teknologi membawa dampak positif dalam kehidupan kita, tetapi di sisi lain, teknologi juga dapat mempengaruhi pola pikir kita untuk bersikap instan, tanpa harus berpikir panjang.

Anda pernah mengalami hal demikian ?

Akibat Kebiasaan “Ctrl + Z” | istiyanto | 4.5