Anakku Tidak Suka Matematika-Bagaimana ya mengajar Matematika dengan menyenangkan ?

Apakah anak Anda tidak menunjukkan minat pada matematika? Buatlah pengajaran matematika menjadi menyenangkan. Bagaimana ya caranya? Ada baiknya Anda coba hal berikut, misalnya, menggunakan berbagai alat seperti permainan matematika online, role play, menerapkan matematika dalam kehidupan nyata dan banyak lagi.

Matematika adalah mata pelajaran yang membosankan bagi banyak anak-anak dan ini adalah merupakan  salah satu alasan mengapa mereka tidak bisa berkonsentrasi pada matematika. Pada prinsipnya anak-anak senang bermain, sehingga Anda dapat menggunakan cara ini sebagai suatu teknik untuk mengajarkan matematika untuk anak-anak. Ketika anak-anak diajarkan dalam cara yang menyenangkan, mereka tidak menolak dan pada saat yang sama, konsep tersebut masuk ke pikiran mereka sangat mudah. Setelah mereka memahami konsep-konsep, mereka tidak pernah akan melupakannya. Mengapa tidak mengajar matematika dengan cara yang menyenangkan? Apakah Anda menyanyikan lagu anak-anak atau bercerita sebelum tidur atau mengajar tata krama yang baik kepada anak-anak Anda? Mengapa Anda tidak mengajarkan matematika kepada anak Anda dengan cara yang dia suka? Buatlah matematika suatu hal yang menarik bagi anak-anak.

1. Tunjukkan Matematika dalam kehidupan nyata

Matematika ada dimana-mana. Memahami Matematikadalam kehidupan kita sehari-hari, membuat anak memahami konsep ini. Bagaimana? Apakah Anda akan mempersiapkan salad sayuran untuk makan siang? Minta anak Anda untuk menghitung berapa banyak wortel atau ketimun atau sayuran lain yang Anda gunakan untuk mempersiapkan salad. Ketika anak tersebut sedang mandi, menaruh beberapa bebek karet di bak mandi dan meminta dia untuk menghitung bebek. Ketika anak-anak memahami matematika yang merupakan bagian dari kehidupan mereka sehari-hari mereka cenderung untuk menunjukkan minat terhadap matematika.

2. Perkalian merupakan penjumlahan yang berulang

pakan Berapakah nilai dari 4 × 3; Jawabannya adalah 12. Katakan bahwa perkalian merupakan penambahan berulang. 4 × 3 = 4 +4 +4 = 12. Tunjukkan beberapa contoh kehidupan nyata. Kelompok 4 bebek dalam 3 kelompok. Suruhlah  anak Anda untuk menghitung berapa banyak bebek masing-masing kelompok dan kemudian menggabungkan total. Bukankah perkalian menjadi sederhana sekarang?

matematika

3. Biarkanlah anak-anak melakukan eksperimen

Apa yang banyak orangtua lakukan adalah ketika mereka melihat anak mereka berjuang dengan masalah, mereka cenderung menawarkan uluran tangan. Hindari melakukan hal ini. Biarkan anak Anda melakukan percobaan dan Anda akan takjub melihat mereka telah mempelajari konsep dengan cara yang sederhana dengan sendirinya. Saya akan memberikan contoh; saya tahu seorang anak yang belajar tabel perkalian 9 dengan cara sederhana, apakah Anda tahu bagaimana? Dia pertama kali menulis 9 × 1 = sampai 9 × 10 = dan meninggalkan bidang kosong jawaban; mulai menulis 0, 1, 2 … 9 sampai ia mencapai 9 × 10, sekarang dia pergi ke 9 × 1 = dan mulai menulis 9, 8, 7 … 0 sampai ia mencapai 9 × 10. Dia telah menemukan cara baru untuk mengingat tabel perkalian 9. Bukankah itu menarik ?
4. Role Play
Anak-anak senang berperilaku sebagai orang-tua. Minta anak Anda akan berperan sebagai guru dan Anda sebagai anak. Biarkan anak untuk mengajarkan konsep matematika. Setelah ini selesai, mereka akan belajar konse pdengan mudah dan tidak akan pernah melupakan juga.
5. Mintalah Penjelasan
Berilah masalah untuk anak Anda. Misalnya, Anda meminta anak Anda berapa banyak dollar dia memerlukan untuk membeli 3 cokelat jika masing biaya $ 1. Anak Anda jawaban $ 3. Apa yang biasanya Anda lakukan? Anda mengucapkan selamat kepada anak untuk jawaban yang benar, aku benar? Tidak ada yang salah dalam mengapresiasi, tapi sebelum itu tanyakan kepada anak Anda bagaimana ia memperoleh jawabannya. Ini akan membuat Anda mengerti apakah mereka telah benar-benar memahami konsep atau hanya memberikan jawaban.
6. Hindari menghafal tanpa memahami
Banyak orang tua dan dalam beberapa kasus bahkan guru mengatakan anak-anak untuk menghafal rumus. Jika anak tidak mengerti bagaimana rumus itu berasal, itu tidak akan mungkin bagi anak untuk menerapkan rumus dalam soal yang diberikan. Ajarkan anak Anda bagaimana rumus diperoleh dan Anda akan terkejut melihat bahwa anak Anda mampu mengingat rumus tanpa masalah apapun.

7. Gunakan game matematika online

Banyak dari kita menggunakan internet untuk membeli barang atau chatting dengan teman-teman, mengapa tidak menggunakan internet secara efektif? Ada banyak game matematika online. Libatkan anak Anda untuk bermain game matematika online. Semua anak suka bermain game. Gunakan ini sebagai kesempatan untuk mengajar matematika.

Bukankah mengajar matematika menyenangkan? Saya yakin bersama dengan anak kita juga akan mempelajari cara-cara baru untuk memahami konsep matematika.

Anakku Tidak Suka Matematika-Bagaimana ya mengajar Matematika dengan menyenangkan ? | istiyanto | 4.5