Animasi Masking dengan Flash 8


Pertama kali belajar flash, yang saya ketahui tentang animasi  masking adalah animasi efek lampu panggung. Maklum objek yang saya gunakan adalah lingkaran dan diletakkan di atas teks. Ternyata pemahaman saya terlalu sempit. Memang benar, bahwa animasi efek lampu panggung merupakan salah satu contoh jenis animasi masking, namun tidak selalu animasi masking merupakan animasi efek lampu panggung.

Seperti pada tutorial berikut, anda dapat membuat animasi masking seperti efek cahaya atau kilatan cahanya. Prinsip pembuatannya sederhana, anda buat 3 layer. Layer 1 berisi teks. Layer 2 berisi objek yang akan diambil warnanya sebagai cahaya, objek tersebut merupakan movie clip dengan tweening. Sedangkan layer 3 berisi teks juga, yang merupakan copy-an dari layer 1. Maskingnya dibuat untuk layer 2 dan 3. Penasaran ?

Jika anda sebagai pengajar TIK di SMP atau SMA, materi tentang flash merupakan materi yang menarik bagi siswa. Saya yakin siswa anda akan lebih senang belajar materi tersebut dari pada pengolah kata, angka dan teori-teori yang akan membelenggu siswa.

Dalam KTSP SMA, materi animasi flash dapat dimasukkan dalam KD, menggunakan paket-paket perangkat lunak grafis. Karena flash merupakan salah satu aplikasi grafis berbasis vektor.

Download Tutorialnya ?

Download File .Fla

Download File .Swf

Animasi Masking dengan Flash 8 | istiyanto | 4.5