Aplikasi Matematika (Persamaan Kuadrat) dan Flash

Advertisement

Suatu bahasa pemrograman apapun harusnya dapat digunakan dalam perhitungan matematis. Tidak lengkap rasanya jika kita belajar bahasa pemrograman tidak diikuti dengan memecahkan masalah-masalah matematis. Ketika belajar pemrograman dasar biasanya soal-soal latihan yang digunakan adalah soal-soal matematika. Mengapa harus Matematika ?

Beberapa software atau bahasa pemrograman yang pernah saya coba untuk menyelesaikan soal-soal matematika diantaranya: Pascal, C, C++, Oracle PL/SQL dan saat ini saya mencoba dengan menggunakan Action Script-bahasa pemrogramannya Flash. Mulanya saya ragu bahwa Action Script dapat digunakan untuk menyelesaikan soal-soal Matematika. Namun keraguan itu hilang ketika saya belajar Advanced Action Script dan saya dapat menyelesaikan masalah-masalah matematika dengan Action Script Flash. Ingin melihat aplikasi matematika di Flash ?

Ternyata sangat mudah membuat aplikasi matematika di Flash dengan Action Script. Langkah selanjutnya adalah dengan membuat animasi yang menarik sehingga aplikasi dapat dinikmati dengan baik. Aplikasi yang saya buat ini adalah aplikasi dasar untuk mencari akar-akar persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0, a tidak sama dengan nol. Berikut langkah-langkahnya:

1. User memasukkan nilai a, b dan c dari persamaan
2. User menekan tombol cari akar
3. Maka aplikasi akan menghitung nilai diskriminannya dan menghitung akar-akar persamaan kuadrat tersebut
4. Selesai

Berikut preview aplikasinya:

aplikasiku

Semoga aplikasi ini lebih dapat memacu guru-guru, terutama guru matematika untuk membuat aplikasi-aplikasi matematika dengan Flash. Ingin dapat aplikasinya ? Silahkan kirim email ke sebelasseptember@yahoo.com.

Advertisement
Aplikasi Matematika (Persamaan Kuadrat) dan Flash | istiyanto | 4.5