Banyak Link Putus (Broken Link) Trus … ?

Jika Anda pengunjung setia blog ini, pasti pernah menjumpai link-link yang putus/broken link. Penyebabnya adalah:
1. Blog ini pernah terkena malware. Malware adalah perangkat perusak (bahasa Inggris: malware, berasal dari lakuran kata malicious dan software) adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, peladen atau jejaring komputer tanpa izin termaklum (informed consent) dari pemilik. Istilah ini adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu atau mengusik.[1] Istilah ‘virus computer’ terkadang dipakai sebagai frasa pemikat (catch phrase) untuk mencakup semua jenis perangkat perusak, termasuk virus murni (true virus.(sumber:id.wikipedia.org)
Lalu apa hubungannya dengan broken link ?
Karena adanya malware blog ini pernah saya restore berulang kali, bahkan saya juga pernah install ulang wordpressnya. Akibatnya ada file-file upload yang tidak lengkap atau hilang.

2. Penyebab kedua adalah subdomain baru istiyanto.com
Perlu diketahui bahwa saya dulu pernah membuat subdomain baru dari istiyanto.com, misalnya: tik.istiyanto.com, blog.istiyanto.com, member.istiyanto.com. Tetapi karena kewalahan ngurus blog, maka subdomain tersebut akhirnya mati dan tidak pernah diupdate kemudian saya hapus. Akibatnya beberapa link yang saya arahkan ke domain tersebut, tidak bisa diakses lagi, karena file-file saya upload di hosting subdomain tersebut.

3. Hosting gratisan
Siapa yang tidak tertarik dengan hosting gratis ? Dulu saya senang mengupload file-file tutorial saya di hosting-hosting gratis. Misalnya: ziddu, rapidshare, megaupload dll. Tetapi lama kelamaan saya bosan, karena banyaknya iklan yang muncul ketika mau download. Sehingga karena tidak pernah saya update keanggotaan saya, mungkin file-file saya tersebut dihapus. Link-link yang saya arahkan ke hosting gratis tersebut akhirnya hilang dengan berjalannya waktu.

4. Hosting di tempat lain
Maksudnya adalah file-file saya arahkan ke hosting domain lain. Tujuannya  untuk meningkatkan traik blog lain. Selain itu dimaksudkan untuk mengurangi kapasitas hosting dan bandwidth istiyanto.com. Menurut saya, lebih enak kalau menyimpan di banyak tempat dari pada 1 tempat saja.

Yang jelas tidak ada tujuan yang negatif dengan adanya broken link dan hal tersebut tidak pernah saya sengaja sekalipun. Saya juga paham jika banyak broken link dalam sebuah blog akan menurunkan PareRank dan rangkin alexa.

Solusi apa yang saya tawarkan
Untuk membantu Anda semua, dengan rendah  hati saya mohon jika Anda menemui broken link di blog untuk segera melaporkan melalu email: istiyanto[at]ymail.com atau melalui komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk menunjukan alamat page/urlnya secara lengkap.

Salam,
Istiyanto

Banyak Link Putus (Broken Link) Trus … ? | istiyanto | 4.5