Belajar Google Classroom

Bagi Anda yang sudah malang-melintang di dunia e-learning tentunya Anda sudah merasakan bagaimana nikmatnya menggunakan Google  Classroom. Google  Classroom merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh google untuk pembelajaran online menggunakan kelas-kelas yang diatur oleh guru untuk para siswa. Google Classroom memanfaatkan fasilitas Google Drive, Google Form dan Google Office untuk membuat kelas-kela online semakin interaktif.

Sayangnya untuk menikmati fasilitas ini user harus terdaftar di akun Google Education atau Google Suite untuk pendidikan.Sekolah/universitas harus mendaftar terlebih dahulu dengan akun sch.id atau ac.id agar mendapatkan fasilitas gratis dari google. Tidak tanggung-tanggung, dengan Google Classroom, satu akun gmail dapat menyimpan banyak data di Google Drive dan tentunya melebihi akun gmail biasa. Admin nantinya harus membuatkan akun gmail untuk semua pengajar dan juga untuk para siswa agar dapat membuat kelas online.

Lainnya, akun gmail biasa tidak dapat bergabung dengan fasilitas ini. Tentunya Google Classroom sedikit berbeda dengan Edmodo (mirip Facebook), LMS Moodle, Lectora dan media-media e-learning lainnya.

Dengan Google Classroom Anda dapat membuat kelas-kelas untuk para siswa Anda. Anda dapat membuat pertanyaan-pertanyaan interaktif, para siswa dapat memberi komentar, posting dll. Anda juga  dapat membuat soal-soal pilihan ganda melalui fasilitas Google Form.

Pada tampilan di atas saya coba membuat kelas online untuk mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Guru dapat berinteraksi dengan para siswa melalui pertanyaan-pertanyaan yang dibuat oleh guru. Selain itu guru juga dapat membuat tugas dengan batasan waktu tertentu, meng-upload materi-materi pembelajaran dan di-share ke siswa.

Menarik memang belajar Google Classroom. Selain gratis, pembelajaran kita tentunya akan lebih menarik, interaktif

Belajar Google Classroom | istiyanto | 4.5