Belajar Menulis Aksara Jawa dengan Aplikasi Android Hanacaraka Karya Balai Tekkomdik DIY

Hari Kamis, 19 Desember 2013, Balai Tekkomdik DIY meluncurkan aplikasi belajar aksara jawa berbasis Android yang diberi nama Hanacaraka di Hotel Inna Garuda, Jl. Malioboro Yogyakarta. Melalui aplikasi ini, para siswa, guru dan orang dapat belajar menulis aksara jawa. Para pengguna dapat belajar menuliskan huruf demi huruf dalam aksara Jawa, termasuk aksara suara yang mengubah bunyi vokal sebuah suara.

Pembuatan aplikasi ini didanai Dana Keistimewaan DIY bekerjasama dengan narasumber yang merupakan akademisi budaya Jawa, sehingga aplikasi ini cukup sahih karena memiliki dasar yang kuat.

aplikasi hanaraka

Untuk menggunakan aplikasi ini memang disarankan para pengguna memiliki gadget berbasis sistem operasi ICS ke atas, misalnya Jelly Bean atau Kit Kat. Untuk menginstall aplikasi ini pengguna dapat mencari di Google Play Store dengan kata kunci Hanacaraka. Dalam Google Play Store sebenarnya sudah ada beberapa aplikasi belajar aksara jawa, dan Hanacaraka karya Balai Tekkomdik merupakan salah satunya. Pilih aplikasi yang memiliki gambar seperti huruf M (sa) berwarna kuning. Aplikasi memiliki ukuran sekitar 9,3 Mb. Setelah di download pengguna dapat menginstall dan menggunakannya.

Menurut saya, aplikasi ini sangat baik digunakan untuk belajar aksara jawa. Beberapa kelebihannya, aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk belajar , tetapi ada sejarah dan makna filosofis dari aksara jawa yang tidak terdapat pada aplikasi aksara jawa lainnya. Selain ini pengguna juga dapat menulis huruf Jawa menggunakan gadget berbasis Android.

Karena aplikasi ini baru soft-launching, aplikasi ini menurut saya perlu dikembangkan diantaranya:

  • suara rekaman vokal yang bunyinya tidak konsisten, misalnya pada suara contoh tha, gatha, suara ini memiliki rekaman berbeda dengan suara lainnya, karena masih terdengar noise-nya
  • pada sandangan pepet, bunyinya hanya pe saja, jadi tidak lengkap.

Sekedar masukan, mungkin suara vokal-nya dipilihsuara wanita, biar suaranya kelihatan lebih menarik pengguna. Saran lainnya menurut saya pada aplikasi ini perlu ditambahkan game-game yang berhubungan dengan aksara jawa, sehingga pengguna akan lebih tertantang untuk belajar aksara jawa.

Tetapi sebagai langkah awal dari Balai Tekkomdik DIY, langkah ini perlu diapresiasi dan mari kita dukung bersama langkah Balai Tekkomdik dan Dinas Dikpora DIY untuk melestarikan budaya Jawa.

Salam,

Istiyanto

Salam,

Heri Istiyanto

Belajar Menulis Aksara Jawa dengan Aplikasi Android Hanacaraka Karya Balai Tekkomdik DIY | istiyanto | 4.5