Benarkah Teknlogi Memacu Minat Belajar Siswa ?

Tulisan ini terinspirasi dari komentar seorang pembaca blog saya ketika  saya posting mengenai “Membuat Kuis Matematika dengan Quiz Creator“, yaitu seorang guru dari SDN 1 Tilote. Menurut saya ini merupakan dampak positif penggunaan tekologi dalam bidang pendidikan. Berikut komentarnya.
Ass.

Salam kenal mas…
Memang benar Quiz Creator manfaatnya sangat banyak, kami menggunakannya sejak awal Semester 2. Efek Positif dari QMS adalah minat siswa untuk belajar meningkat, hal ini disebabkan oleh nilai akhir akan muncul secara otomatis berdasarkan standar nilai. Satu hal yg sangat membanggakan bagi kami sebagai guru, siswa tak takut lagi dengan apa yg namanya ujian. Malah setiap selesai mengajar siswa berharap minta ujian. Kami sendiri menyimpulkan bahwa QMS adalah salah satu PAKEM berbasis Media.

Semoga Sukses….

Seperti saya tuliskan dalam posting sebelumnya, bahwa Quiz Creator merupakan software yang dasyat. Mudah digunakan dan bisa menghasilkan e-learning interaktif tanpa harus menguasai pemrograman. Anda bisa mencoba salah satu e-learning yang saya buat menggunakan Quiz Creator di halaman depan blog ini. Penggunaan Quiz Creator di kelas pun cukup mudah. Guru tinggal mengupload soal-soal yang sudah dibuat ke situs-situs penyedia hosting gratis. Setelah itu siswa disuruh untuk mengakses melalui internet di lab. komputer. Memang semua sekolah belum memiliki fasilitas komputer dan internet yang memadai, tetapi ke depan menurut saya teknologi internet akan masuk ke seluruh penjuru Indonesia.

Penggunaan lab.komputer tidak terbatas pada mata pelajaran TIK saja, namun pelajaran-pelajaran yang lain juga sebaiknya dicoba. Misalnya setelah guru selesai menyampaikan materi tentang FPB dan KPK, semua siswa diajak ke lab. komputer untuk mengerjakan soal-soal matematika yang telah dibuat dengan Quiz Creator. Dalam hal ini guru dituntut untuk menguasai teknologi. Jika hal ini bisa dilakukan maka kolaborasi mata pelajaran TIK denga mata pelajaran yang lain akan semakin maksimal.

Terlepas dari bagus tidaknya Quiz Creator saya ingin menegaskan bahwa dalam dunia  pendidikan, teknologi merupakan salah satu faktor penting untuk mendukung proses belajar mengajar. Meskipun begitu peran guru juga tidak boleh dilupakan, mengingat guru merupakan administrator sekaligus pengolah informasi yang disampaikan siswa dengan teknologi. Dari komentar di atas terlihat bahwa tekbologi dapat memacu minat siswa untuk belajar. Siswa cenderung menyukai dengan hal-hal baru terutama yang memanfaatkan komputer dan internet.

Teknologi bisa memberikan dampak positif jika dapat dimanfaatkan dan diolah dengan baik. Tetapi teknologi juga dapat berdampak negatif jika teknologi disalahgunakan. Mari kita gunakan sebaik-baiknya teknologi untuk hal-hal positif terutama untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Tantangan bagi kita semua, bagaimana memacu minat siswa untuk belajar melalui teknologi di tempat kita masing-masing.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh: fitpnf

Benarkah Teknlogi Memacu Minat Belajar Siswa ? | istiyanto | 4.5