Blog Untuk Multimedia Pembelajaran

Pada posting sebelumnya saya pernah menuliskan definisi multimedia pembelajaran. Disebutkan bahwa multimedia pembelajaran adalah aplikasi multimedia yang digunakan dalam proses pembelajaran, dengan kata lain untuk menyalurkan pesan (pengetahuan, ketrampilan dan sikap) serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan yang belajar sehingga secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan dan terkendali.

Pertanyaannya sekarang adalah, “apakah blog dapat digunakan untuk multimedia pembelajaran?” Dalam blog kita dapat memasukkan unsur-unsur media, yaitu teks, grafis, gambar, audio, bahkan video dan animasi secara terintegrasi.

Selanjutnya, “apakah blog dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (pengetahuan, ketrampilan dan sikap) serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan yang belajar sehingga secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan dan terkendali. Menurut saya, jelas sekali bahwa blog dapat digunakan untuk hal-hal tersebut di atas.

Dari jawaban-jawaban di atas dapat disimpulkan bahwa blog dapat digunakan untuk multimedia pembelajaran.  Memang blog yang ideal menurut definisi di atas adalah terdapat unsur teks, gambar, audio, video dan animasi secara terintegrasi. Dengan adanya unsur-unsur tersebut, maka blog dapat merangsang pikiran, perasaan, kemauan dan perhatian siswa agar dapat mengikuti pelajaran dengan baik.

Apakah blog-blog yang ada saat ini dapat dikatakan multimedia pembelajaran? Dan apakah guru dan siswa sudah memanfaatkan blog sebagai sarana untuk mendukung proses pembelajaran di kelas. Bagaimana dengan blog Istiyanto.Com?

Dalam blog saya ini, terdapat unsur teks, gambar dan animasi. Kalau audio memang saya belum pernah sertakan dalam blog ini. Sedangkan untuk video, di tahun-tahun sebelumnya saya pernah memasukkan dalam blog. Tetapi karena video dapat menghabiskan bandwidth dengan cepat, maka kemudian saya cabut kembali. Blog ini juga saya gunakan untuk mendukung proses pembeajaran. Misalnya, untuk memberikan tugas-tugas kepada siswa, meng-upload materi-materi pelajaran, untuk berkomunikasi dengan siswa dan sebagainya.

Tidak hanya siswa saya saja yang memanfaatkan blog ini. Siswa, guru dan orang-tua dari berbagai daerah pernah memberikan komentar di blog ini. Artinya, setidaknya mereka pernah membaca artikel dalam blog ini atau download materi, tutorial dan lain sebagainya. Bisa dikatakan bahwa blog ini dapat dimasukkan dalam multimedia pembelajaran dengan memperhatikan unsur-unsur di atas. Meskipun belum sempurna dan seperti yang diinginakn pembaca, setidaknya blog ini pernah bermanfaat untuk orang lain.

Semoga kehadiran blog ini bermanfaat untuk Anda semua.

Salam,

Istiyanto

Blog Untuk Multimedia Pembelajaran | istiyanto | 4.5