Budaya “Nge-Blog” di Dunia Maya

Membuat blog atau sering yang disebut dengan “nge-blog” sudah menjadi budaya. Tidak terbatas pada orang-orang yang bergelut di bidang IT, orang-orang yang tidak bergelut di bidang IT pun mampu untuk menjadi bagian dari budaya tersebut. Dokter, dosen, guru, siswa, penulis, desainer, penyair, fotografer dan profesi-profesi lain mulai bermunculan untuk menuliskan segala ide atau pemikiran yang kiranya berguna dan pantas untuk dibaca oleh khalayak umum di dunia maya. Download Tutorial Blog ?

Blog dengan tema-tema khusus menjadikan dunia internet (dunia maya) semakin lengkap dengan segala isi berita yang dapat dijadikan sumber referensi. Dengan perkataan lain, semua ilmu yang semulanya ditulis di dunia penerbitan mulai ditransfer ke dunia online sehingga semua orang dari berbagai belahan bumi dapat mengaksesnya.

Ya, “nge-blog” sudah menjadi suatu budaya, lalu pertanyaannya: “Apakah kita mampu dan bertahan ikut ambil bagian dalam budaya tersebut ?” Pada posting kali ini saya lampirkan tutorial pembuatan blog dan juga daftar link komunitas blogger di Indonesia. Tutorial ini lebih ditujukan bagi pemula yang ingin membuat blog sekaligus menjadi bagian dari komunitas blogger di Indonesia. Semoga tutorial yang sederhana ini dapat bermanfaat dan menjadikan inspirasi bagi Anda.

Download Tutorial Pembuatan Blog

Budaya “Nge-Blog” di Dunia Maya | istiyanto | 4.5