Cara Cepat Upgrade WordPress

Bagi Anda pasti sudah biasa atau Anda malah tidak tahu sama sekali mengenai cara upgrade wordpress ?  Berikut ini adalah pengalaman saya ketika akan meng-upgrade wordpress dari versi 2.3.2 ke 2.6.5.

Terus terang, semenjak berlangganan hosting dan domain saya belum pernah ngotak-atik yang satu ini, maklum masih pemula. Tampilan halaman admin wordpress 2.3.2 memang kelihatan “ndeso”. Itulah yang membuat saya “risih” dan pengen segera saya ganti ke yang versi terbaru. Untuk saat ini, wordpress sudah mencapai versi 2.6.5, tetapi setelah saya cek ternyata sudah ada yang lebih baru lagi, dengan tampilan halaman admin yang berbeda dengan versi sebelumnya. Hal tersebut saya lihat di blog saya yang baru, tik161. Dan Anda pun bisa membuktikan dengan membuat blog gratis di wordpress.

Dengan modal nekat, dan tanpa backup terlebih dahulu, saya mengikuti langkah-langkah yang ada di tutorial-tutorial yang saya peroleh dengan search. Namun tidak banyak yang menjelaskan sampai detail-detailnya. Saya mencoba tanyakan ke provider blog ini, tetapi saya tetap saja masih bingung, dan malahan tambah bingung ???.

Sebenarnya ada banyak cara untuk upgrade wordpress. Tetapi kebanyakan, melakukan dengan cara-cara seperti ini:

1. Menggunakan plugins Automatic Upgrade atau plugins Instant Upgrade.
2. Update secara manual, upload file baru dan hapus file-file wordpress yang lama.

Cara yang mudah menurut saya adalah cara pertama dan sudah saya buktikan. Anda tidak perlu backup secara manual menggunakan login cpanel atau dengan download manual, karena dengan plugins tersebut kita tinggal mengikuti langkah-langkahnya (Next dan Next sampai dengan selesai), maka file-file lama kita akan tersimpan (ikuti langkahnya) secara otomatis. Berikut langkah-langkahnya:

1. Download Automatic Upgrade  atau Instant Upgrade (saya sarankan untuk menggunakan Automatic Upgrade, karena relatif mudah).

2. Upload dan extract file tersebut di folder plugins.

3. Setelah itu login di wp-admin Anda dan aktifkan plugin yang baru saya install.

4. Masuk menu Manage –> Automatic Upgrade

5. Isikan data-data Anda dengan benar: ftp username (misal: Andi), password(****), ftp host (misal: situsku.com), dan nama folder tempat Anda meletakkan file wordpress (misal: public_html).

6. Klik Let’s Go dan ikuti prosesnya sampai dengan selesai. Jika Anda ditanya untuk backup, maka lakukan saja proses ini untuk lebih amannya. Next –> Next dan lakukan sampai keluar komentar:
Congratulations!!! Your WordPress version is already up to date

7. Loginlahlah kembali, Anda sudah melihat versi terbaru wordpress Anda.

8. Bingung dengan langkah ini, email saya ke: istiyanto@ymail.com

He….he …. mudah kan ? Satu hal yang harus kita lakukan, berani mencoba dan berani bertanya jika bingung. Saya yakin Anda akan mmperoleh banyak pengalaman. Selamat mencoba, semoga berhasil dan jangan lupa berdoalah terlebih dahulu.

 

 

Cara Cepat Upgrade WordPress | istiyanto | 4.5