Cara Membuat Video Pembelajaran Matematika

Untuk membuat video pembelajaran matematika atau pembelajaran mapel lainnya ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan. Namun sebelum itu sebaiknya Anda siapkan skenario, langkah-langkah jalannya video Anda. Dalam hal ini Anda dapat membuat materi/soal di Powerpoint terlebih dahulu yang dilengkapi dengan animasi di slide Anda. Secara lebih detail berikut langkah-langkahnya.

  1. Siapkan materi/soal-soal yang ingin dibuat video pembelajaran di Powerpoint
  2. Rekam menggunakan software perekam layar monitor, dalam hal ini Anda dapat menggunakan Camtasia, Screen Recorder atau yang lainnya
  3. Gunakan headset jika Anda ingin memasukkan suara Anda dalam video. Jika tidak ada suara Anda, Anda dapat menggunakan media lain yang ditulis dengan notepad atau Anda dapat menggabungkan keduanya, menggunakan suara Anda dan teks yang diketik notepad. Tujuannya adalah supaya pemirsa dapat menyimak dengan baik, dan untuk menghindari ketidakjelasan suara Anda.
  4. Olah video Anda menggunakan software perekam video, misalnya Camtasia, WIndows Media Player Classic, Filmora dll
  5. Tambahkan animasi-animasi video untuk menarik video pembelajaran
  6. Upload video pembelajaran Anda di youtube

Jika Anda ingin membuat tutorial yang merekan langkah-langkah penjeleasan, maka Anda dapat menggunakan HP Anda untuk merekam, kamera digital, kamera DSLR, kamera Mirrorless atau alat perekam lainnya. Anda dapat menggunakan tripod agar gambar bisa maksimal (tidak bergoyang). Berikutnya Anda dapat melakukan langkah 3, 4, 5 dan 6.

Jika Andan tidak ingin menggunakan Powerpoint Anda dapat menggunakan Pen Tablet untuk merekam langkah-langkah Anda di layar monitor. Demikian kiranya cara pembuatan video pembelajaran Matematika. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Anda dapat mengulangi sampai optimal, suara jernih, video stabil dan hasil pengolahan maksimal.

Salam Belajar,

Istiyanto

 

Cara Membuat Video Pembelajaran Matematika | istiyanto | 4.5