Dagdigdug.com – Blog Ala Indonesia

Kita sepatutnya berbangga dengan blog yang satu ini, dagdigdug.com. Meskipun masih dalam taraf pengembangan setidaknya blog ini dibuat oleh orang Indonesia. Saya sendiri pernah mencicipi bagaimana kreasi yang dibuat oleh sang blogger dagdigdug. Space yang disediakan pun tidak tanggung-tanggung, 250 MB dan bandwidthnya cukup besar. Menu-menu yang ditampilkan pada halaman depan mirip dengan kumpulan blogger-blogger pada umumnya.

Blog yang didirikan pada akhir tahun 2007 oleh beberapa blogger saat ini sudah memiliki cukup banyak anggota. Seperti pada blogger dan wordpess, langkah untuk membuat blog dengan dagdigdug  cukup mudah dan sederhana, cukup 3 langkah, menurut iklan pada halaman depan dagdigdug. Setelah Anda mendaftar dan mendapat account, maka Anda akan mendapat subdomain: namanda.dagdigdug.com.  Namun sayangnya, ….

 

 

 

Pada halaman pendaftaran memang menggunakan webpage buatan sendiri, namun ternyata di dalamnya menggunakan CMS wordpress yang sudah dimodifikasi. WordPress yang digunakan masih versi 2.3.2. Sebelum mendaftar saya sempat punya angan-angan, bahwa dalam dagdigdug.com digunakan CMS buatan sendiri, namun ternyata angan-angan saya salah. Beberapa modifikasi yang dilakukan misalnya, menambah default widget seperti statpress dan menambah jumlah template pada halaman tab presentation. Namun sebagai suatu gebrakan menurut saya, blog ini sudah cukup bagus dan siap untuk dikembangkan. Dan hal ini tentu saja akan mengurangi ketergantungan kita pada produk-produk asing.

Dagdigdug.com – Blog Ala Indonesia | istiyanto | 4.5