Tutorial Flash: Movie Clip dalam Movie Clip

Secara sekilas kalau kita melihat movie clip di atas tidak ada yang istimewa dan hanya animasi tweening biasa. Kalu Anda bisa mencermati baik-baik, Anda bisa melihat bahwa movie clip ban juga ikut bergerak.Yap,  dalam satu stage kita bisa membuat banyak movie clip yang di dalamnya juga terdapat movie clip, sehingga dua atau tiga movie clip dapat digerakkan bersama-sama. Animasi di atas menggunakan konsep nested movie clip.

Jika dalam pemrograman terdapat nested if (if bersarang) , dalam flash pun terdapat yang namanya movie clip bersarang (nested movie clip) atau ada yang menyebut dengan movie clip dalam movie clip. Mengapa harus menggunakan nested movie clip ? Alasan utama adalah kemudahan untuk mengontrol movie clip, karena kita bisa mendapatkan frame 1. Anda pun bisa menggunakan nested movie clip sebanyak yang Anda inginkan dan tidak terbatas jumlahnya. Mau download tutorialnya ?

Pada tutorial kali ini kita akan belajar membuat animasi mobil bergerak yang menggunakan konsep movie clip dalam movie clip. Syarat untuk mempelajari tutorial ini adalah: teknik dasar drawing di Flash dan animasi tweening yang sudah dibahas di tutorial sebelumnya. Pada tutorial selanjutnya kita akan menggabungkan dengan teknik looping untuk membuat background bergerak. Selamat mencoba.

Download tutorial movie clip dalam movie clip

 

Tutorial Flash: Movie Clip dalam Movie Clip | istiyanto | 4.5