Driver Sony Vaio E Series VPCEG35EG

Beberapa pengalaman memiliki laptop baru, saya selalu menemui masalah, terutama dalam hal mencari kesesuaian antara hardware, sistem operasi dan driver. Dulu ketika saya membeli laptop Compaq V3736 juga mengalami hal yang sama. Saat itu Windows Vista masih terlalu banyak bug-nya, sehingga saya putuskan untuk menginstall-nya dengan Windows XP. Masalah ditemukan, ternyata driver-drivernya banyak yang tidak cocok dengan driver yang diberikan di toko tempat saya membeli laptop tersebut. Driver yang belum cocok saat itu adalah untuk Audio dan Wireless. Tidak lucu kan punya laptop baru tapi bisu dan tidak bisa digunakan untuk Wifi. Browsing sana-sini, akhirnya saya menemukan driver tersebut dan untuk instalasinya-pun tidak biasa (klik dua kali), tapi harus masuk ke Device Manager.


Ternyata banyak juga user yang mengalami hal yang sama pada laptop Compaq V3736 tersebut. Pengalaman tersebut saya tulis di blog, ternyata banyak respon, saya ditelp, email dan banyak user yang menginginkan driver wifi dan audio tersebut. Berdasarkan pengalaman tersebut, maka untuk kedua kalinyan saya juga akan menceritakan pengalaman pertama saya menggunakan laptop Sony Vaio E Series VPCEG35EG.

Laptop Sony tersebut tepatnya saya beli 1 minggu yang lalu di salah satu toko komputer terkenal di Yogyakarta. Saya cukup senang dengan tipe ini karena harganya masih terjangkau dengan budget yang saya miliki, sekitar 5,8 juta dan juga specs yang cukup menurut saya untuk presentasi kesana-kemari menggunakan software-software yang cukup berat. Menurut situs resminya Sony Vaio, tipe ini memiliki specs sebagai berikut.

14 inch VAIO E Series (Pink/Black/Blue)

VAIO E Series is equipped with Intel® Core™ i3 Processor for a smooth everyday usage. Count on Windows® 7 Home Basic OS, and enjoy easy carrying with compact 14” wide display. Available with a truss patterned texture for an airy feel.

Intel® Core™ i3-2350M Processor 2.30 GHz
Genuine Windows® 7 Home Basic 64bit
14 inch wide (WXGA: 1366×768) TFT colour display (VAIO Display, LED backlight)
Simple and stylish design using the unique truss pattern texture
Easy-to-use one click button (QWA, ASSIST, VAIO)
VAIO original applications

Lumayan bukan? Tipe ini dilengkapi dengan Windows 7 Basic 64 Bit Original. Meskipun bukan tujuan utama saya mendapatkan OS tersebut, tapi saya cukup senang juga, karena ini pengalaman pertama saya membeli OS original walaupun hanya bundling. Sesampainya dirumah, laptop saya nyalakan dan lihat dalemannya.

Ternyata performance Windows 7 Home Basic, tidak maksimal. Beberapa kali buku program cukup berat dan terkadang kursor mouse bergetar, mengisyaratkan seperti menahan ketidakkuatannya. (he2, maaf belepotan). Selain itu beberapa program tidak support dengan OS-nya atau tidak bisa diinstall dengan benar.

Dua hari berjalan akhirnya saya putuskan untuk install ulang dengan Windows 7 Ultimate 64 Bit. Setelah itu saya cari drivernya di google, dan sayapun tidak mendapatkan yang sesuai. Terkena rayuan temen juga, banyak yang bilang kalau Windows Ultimate boros di baterai, akhirnya saya install ulang lagi dan saya pilih Windows 7 Professional. Saya cari drivernya resmi di situs Sony Vaio, semua driver dapat terinstall dengan sempurna, kecuali satu, yaitu driver Wifi. Masalah juga kan?

Tidak lucu kan punya laptop baru tapi harus menggunakan alat tambahan, misalnya wireless usb. Saya cari solusi di forum-forum, ternyata banyak juga yang mengalami hal yang sama dan disarankan untuk kembali menggunakan Windows 7 Home Basic 64 Bit.

Sayapun menuruti saran itu dan untungnya saya sudah membackup sesuai saran dari toko tempat saya membeli laptop tersebut. Instalasi sukses, dan semua driver berjalan normal. Tapi perjalan belum berhenti sampai disini, saya merasa tidak puas lagi dengan kinerja Windows 7 Home Basic 64 Bit, dan akhirnya saya putuskan untuk install ulang lagi. Kali ini saya coba Windows 7 Ultimate tapi yang 32 Bit. Masalah ditemukan lagi, ternyata di situs resminya, tipe ini tidak menyediakan driver original, sehingga, saya putuskan untuk install ulang lagi.

Saya putuskan untuk mencoba Windows 7 Ultimate 64  Bit, dan saya langsung ke situs resminya dan saya mendapatkan driver-drivernya dengan gratis. Saya download dan install satu persatu. Ternyata, cocok semua dan semua hardware dapat terdeteksi kecuali Bluetoothnya. Tetapi setidaknya satu masalah teratasi, Wifi dapat berjalan dengan baik. Sampai posting ini ditulispun saya belum dapat menggunakan Bluetooth dengan baik, karena driver yang belum sesuai.

Satu hal lagi yang saya sukai dengan Windows 7 Ultimate 64 Bit ini adalah tampilan yang perfect dan kinerjakan maksimal sesuai yang saya inginkan.

Bagi rekan-rekan yang mengalami hal yang saya alami mungkin dapat saling sharing melalui posting ini. Dan sayapun akan menampilkan link untuk download driver Sony Vaio VPCEG35EG. Saya sarankan untuk menggunakan Windows 7 Ultimate, karena saya sudah mencobanya dan kinerjanya bisa maksimal.

Klik disini untuk menuju ke link download driver

Semoga sharing saya bermanfaat untuk pengguna Sony Vaio di Indonesia.

Salam,

Istiyanto
(Kontak email dan HP ada di halaman About)

 

Driver Sony Vaio E Series VPCEG35EG | istiyanto | 4.5