E-Learning Berbasis Video

Beberapa kali mengikuti mata kuliah yang diampu oleh Bapak Prof. Dr. M. Suyanto (STMIK Amikom), saya semakin termotivasi untuk memahami lebih jauh  mengenai teknik pembelajaran berbasis video. Beliau mengatakan bahwa ke depan, teknologi web akan lebih didominasi oleh video. Akibatnya, teknologi web berbasis teks dan gambar semakin lama akan semakin ditinggalkan.

Menurut saya, ini merupakan prospek yang bagus bagi  dunia pendidikan. Metode pembelajaran menggunakan video jauh lebih menguntungkan daripada hanya berbasis teks dan gambar, karena sisi interaktivitas dan multimedia lebih tersentuh.

Beberapa pertanyaan yang kemudian muncul dalam angan-angan saya:
1. Sejauhmana teknologi web berbasis video diterapkan di Indonesia ?
2. Apa hubungan antara teknologi web berbasis video dan teknik pembelajaran ?

Jika kita melihat secara seksama, di situs-situs web berbahasa Indonesia sebenarnya sudah ada yang menggunakan video dalam media penyampaiannya. Meskipun belum banyak, saya cukup optimis bahwa beberapa tahun lagi video akan lebih mendominasi halaman web. Kendala utama yang dihadapi di Indonesia saat ini adalah belum tersedianya koneksi internet yang memadai untuk mengakses video secara cepat. Akibatnya, banyak para penyedia informasi web yang enggan untuk menggunakan video. Tentunya, harapan kita semua adalah bahwa pemerintah segera dapat menurunkan tarif internet dan memperluas jaringan.

Dapat dibayangkan jika setiap pengguna internet di Indonesia memiliki kecepatan akses internet sampai 1 Mbps. Pastinya, video-video yang terdapat di halaman web dapat diakses secara cepat dan mudah.

Dalam dunia pendidikan, penggunaan video untuk pembelajaran cukup berpengaruh untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Dengan video, seorang guru dapat menjelaskan materi pelajaran secara interaktif dan menarik. Penggunaan video yang didukung sarana multimedia dapat memberikan suasana belajar baru dan tidak membosankan. Disamping itu, guru juga dapat dengan mudah mengulang materi yang sama hanya dengan memutar video yang ada.

Video yang diputar di kelas juga dapat diupload, misalnya melalui youtube, sehingga siswa dapat dengan mudah mengulang materi pelajaran di rumah atau warnet. Kemungkinan lainnya adalah bahwa siswa dapat mendownload video-video pembelajaran yang disediakan oleh guru untuk diputar kembali melalui komputerd dan  handpone mereka masing-masing, sehingga ketika belajar siswa dapat memutar videonya berulang-ulang, dimanapun dan kapanpun.

Misalnya seorang guru ingin menjelaskan langkah-langkah menyelesaikan persamaan kuadrat. Sebelum mengajar, seorang guru membuat video pembelajaran seusai dengan silabus dan rrp persamaan kuadrat. Setelah itu, video tersebut diupload, misalnya melalui Youtube. Jika akses internet di sekolah masih lambat, guru dapat menggunakan video versi offline untuk diputar di kelas. Jika kelas paralelnya cukup banyak, maka guru tersebut tinggal memutar berulang kali dan tinggal memberi penekanan-penekanan saja. Pada waktu pelajaran, guru menginformasikan alamat file videonya, sehingga siswa  dapat mendownload materi yang disediakan oleh guru.

video tutorial

Berdasarkan pengalaman saya, untuk membuat video tutorial memang tidak mudah. Dibutuhkan banyak persiapan dan perlengkapan yang memadai. Jika ingin hasil yang maksimal sebaiknya skenario tutorial dipersiapkan terlebih dahulu. Untuk membuat video tutorial, alangkah baiknya jika Anda memiliki perlengkapan/software berikut:

1. Software Camtasia (untuk merekam video, biasanya digunakan untuk merekam tutorial-tutorial komputer).
2. Windows Movie Maker (ada di bawaan windows).
3. Sound Forge (untuk mengolah suara).
4. Ulead Video (tidak wajib).
5. Video Converter (untuk memperkecil kapasitas file agar dapat diupload dengan mudah).
6. Web Cam (digunakan untuk merekam tutorial matematika, karena untuk menuliskan rumus matematika atau rumus eksakta lainnya di komputer cukup lama, sehingga tulisan tangan dapat direkam menggunakan web cam eksternal).

Pembelajaran melalui komputer/internet disebut dengan e-learning. Sedangkan teknik pembelajaran menggunakan video tutorial menurut saya bisa disebut e-learning berbasis video. Dalam waktu dekat, saya akan membuat video tutorial khusus pembelajaran matematika, baik cara-cara pengerjaan soal maupun penjelasan konsep-konsep dalam matematika. Kemudian video-video tersebut akan saya upload ke Youtube.

Untuk jangka panjangnya, saya akan membuat web khusus video tutorial matematika yang berisi:  tutorial matematika,  soal matematika, rumus-rumus praktis dan lain-lain. Harapannya adalah para guru, siswa dan orang tua semakin mudah dalam belajar matematika. Semoga rencana ini ke depan bisa berjalan dengan baik. Amien.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh: fitpnf

E-Learning Berbasis Video | istiyanto | 4.5