Evaluasi Diri dan Kelompok Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan

Semester ganjil di tahun ajaran ini segera berakhir. Di tahun pelajaran ini saya mengampu mata pelajaran baru yaitu PKWU (Prakarya dan Kewirausahaan). Di mata pelajaran ini para siswa saya ajak untuk banyak mengerjakan sesuatu, mencari informasi di internet, bekerja kelompok, bekerja dengan perangkat lunak grafis komputer dan tentunya membuat proyek terkait dengan topik dari strand yang kami pilih. Untuk kelas 10 kami memilih strand rekayasa produk teknologi transportasi dan logistik, sedangkan untuk kelas 11 kami memilih strand kerajinan.

Tentunya ini, bukan sesuatu yang mudah, ada tantangan tersendiri bagi saya, bagaimana saya meng-create pembelajaran sehingga mudah diterima oleh siswa, menjadi mengerti, memahami dan mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kita sebagai guru juga harus sadar bahwa para siswa merupakan generasi Z dan generasi Alpha. Perlakuan terhadap mereka harus berbeda dengan perlakukan terhadap siswa 5 – 10 tahun yang lalu. Generasi ini merupakan generasi yang suka dengan hal-hal yang instan, generasi yang suka dengan kebebasan, bosan dengan banyak teori dan lebih suka praktik.

Kami berusaha menggabungkan beberapa mata pelajaran seperti ekonomi, komputer dan seni rupa. Dan di akhir semester ini saya meminta para siswa untuk membuat evaluasi diri dan kelompok, bagaimana kesan terhadap mata pelajaran ini. Dan berikut hasil evaluasi diri dan kelompok dari kelas tertentu.

Sungguh pembelajaran kali ini membuat saya gembira, senang dan puas, karena para siswa mengikuti semua kompetensi dasar dengan enjoy dan gembira.

Salam Produktif,

Istiyanto

Evaluasi Diri dan Kelompok Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan | istiyanto | 4.5