Final LPMP 2008

Rasanya kangen sekali empat hari gak “ngeblog” dan online di internet. Ha..ha2. Kini, kembali ke pekerjaan utamasampingan sebagai seorang blogger. Ada banyak cerita yang ingin aku tuangkan dalam posting kali ini. Simak saja ya, terus beri komentar.

Berawal dari poster yang di tempel oleh teman saya, pak kartono di papan pengumuman sekolah saya, beberapa bulan yang lalu, saya memutuskan untuk mengikuti Lomba Pembuatan Multimedia (LPMP) 2008 yang diselenggarakan oleh dikmenum. Tema LPMP tahun ini adalah “Bisa Karena Biasa” (gak tahu apa maksud dan hubungannya ???).

Multimedia pembelajaran yang saya buat dalam lomba tersebut adalah multimedia pembelajaran biologi untuk SMA kelas XI, dengan judul Sistem Pencernaan Manusia. Software utama yang digunakan adalah Macromedia Flash 8.

Ini merupakan pengalaman saya yang pertama mengikuti lomba tersebut, meskipun beberapa tahun sebelumhya lomba ini sudah ada, maklum, kurang informasi. Dengan berbekal belajar flash dasar dan materi yang diberikan oleh Pak Arifin (guru biologi), media pembelajaran tersebut berhasil saya selesaikan dalam waktu hampir dua minggu. Hasilnya memang jauh dari sempurna dan belum optimal, dan saya masih menyadari masih banyak kekurangan di sanan-sini, maklum newbie.

Tidak sia-sia juga, ternyata saya dipanggil juga untuk mengikuti final selama 4 hari di Hotel Grand Jaya Raya, Cipayung, Bogor, beberapa minggu setelah pengiriman media pembelajaran tersebut ke dikmenum. Dari 84 peserta, diambil 30 finalis, dan saya termasuk salah satunya. Lumayan juga. Dalam final tersebut banyak juri yang terlibat, salah satunya Pak Uwes, yang blognya sudah pernah saya kunjungi beberapa kali.

Dari 30 finalis, saya termasuk yang newbie dan benar-benar blank, tanya sana-sini dan kelihatan seperti orang bingung. Dalam final tersebut, 40 % diantaranya newbie dan selebihnya merupakan sesepuh-sesepuh LPMP yang sudah berpengalaman mengikuti LPMP beberapa tahun sebelumnya. Sebut saja, Pak Joko Prembun dan Pak Heru Madiun (maaf hanya saya ketik dua orang-yang tahu blognya). Beliau-beliau menurut saya sesepuh  yang sudah malang-melintang dalam LPMP. Tidak heran jika mereka mendapatkan emas di LPMP 2008. Dan ternyata saya sadar bahwa saya berada di sarang penyamun LPMP.

Mungkin saya termasuk yang beruntung, dengan media yang masih porak poranda dan sebagai newbie saya langsung mendapat perunggu. Semoga saja tahun depan masih ada lagi dan bisa membuat karya yang optimal. Yah..dunia memang luas, dan banyak orang pintar di dunia ini. Pepatah memang benar, di atas langit masih ada langit. Di dunia multimedia pembelajaran saya bukanlah apa-apa. Tetapi semoga saja, saya tidak akan meninggalkan dunia per-blog-an yang telah saya tekuni beberapa tahun, meskipun saya tertarik juga di bidang multimedia pembelajaran.

Daftar finalis LPMP 2008 dapat dilihat di sini. Untuk daftar finalis dan level yang didapat mungkin akan saya muat pada posting berikutnya. Terus berkarnya dan berkarya. Ayo ngeblog dan ngeblog !!!

Final LPMP 2008 | istiyanto | 4.5