How to speak in front of people ?

Walaupun banyak dari kita tidak suka berbicara di depan orang, ada waktu kita diminta untuk berdiri dan berkata beberapa kata tentang seseorang atau suatu topik dan  kita belum merencanakan apa yang ingin kita katakan. Kita lebih terkejut daripada orang lain. Apakah ini pernah terjadi pada Anda? Jika ini pernah terjadi pada Anda, bersiaplah untuk menghadapi tantangan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda gunakan pada saat anda dipanggil untuk berbicara.

1. Tentukan secara cepat akan satu pesan
Perlu diingat Anda belum diminta untuk memberikan sambutannya, tetapi Anda punya beberapa hal apa yang ingin Anda sampaikan. Ingat satu pesan dan fokuslah pada pesan itu. Kembangkan ide utama pesan tersebut.  Kadang-kadang ide mucul setelah Anda mulai mengatakan sesuatu. Jika hal ini terjadi, berbicaralah mengalir dan ikuti instict Anda.

2. Jangan coba dan hafal apa yang ingin Anda katakan
Mencoba mengingat hanya akan membuat Anda lebih gugup dan Anda akan menemukan diri anda berpikir lebih lanjut tentang kata-kata dan tidak fokus tentang pesan yang ingin Anda sampaikan.

3. Yakinlah dengan kemampuan Anda
Jika Anda sedikit punya persiapan, mulailah dengan kalimat pembuka.  Rencanakan kalimat pertama apa yang ingin Anda sampaikan. Seperti halnya ketika Anda punya persiapan, mungkin Anda pernah membuat poin-poin penting apa yang ingin Anda sampaikan. Jika Anda yakin punya 3 poin apa yang ingin Anda sampaikan, katakan saja: “Saya ingin menyampaikan 3 poin penting, pertama, kedua dan seterusnya … “.

4. Beri jeda atau transisi antara poin satu dengan poin lainnya
Setelah Anda menyampaikan poin penting, berilah jeda dengan transisi yang halus dan jelas antara poin yang satu dengan poin yang lain.

5. Kontak mata dengan audience
Pandanglah arah audience dan jangan memandang ke arah lain selain audience. Hal ini akan membuat audience lebih mengerti akan apa yang ingin Anda sampaikan.

6. Akhirnya, buatlah kesimpulan yang baik
Misalnya dengan mengatakan: “Pada poin terakhir ini saya ingin menyampaikan … ” atau “Sekali lagi say ingin mengatakan ….” dll.

Dengan sedikit praktek, proses ini akan terasa lebih alami untuk Anda. Dan Anda akan tidak perlu pusing-pusing untuk berpikir jika Anda sudah terbiasa.

How to speak in front of people ? | istiyanto | 4.5