Istiyanto.Com Raih Juara Ke-3 E-Learning Award 2008

Tidak menyangka, Selasa, 28 Oktober 2008, istiyanto.com meraih juara ke-3 pada e-learning award 2008 yang diselenggarakan oleh Pustekkom. Sebenarnya, blog istiyanto.com, telah saya daftarkan dalam award tersebut sejak Juli 2008. Namun saya mengetahui kabar bahwa blog istiyanto.com, beberapa hari sebelum penjurian final, Senin, 27 Oktober 2008.

Bulan Juli 2008, blog istiyanto.com  saya daftarkan untuk kategori blog sekolah, karena memang konten-kontenya berisi materi-materi SMA. Tetapi entah kenapa, dalam proses penjurian ternyata blog saya dikategorikan dalam blog komunitas atau  perguruan tinggi. Sehingga pesaingnya pun cukup berat. Mungkin saja karena blog saya tidak menggunakan dot blogspot atau dot wordpress atau dot lainnya ???

Proses penjurian dilakukan selama 2 bulan lebih. Menurut panitia, jumlah peserta award sebanyak 420 untuk semua kategori. Sedangkan untuk kategori blog komunitas atau  perguruan tinggi terdapat 120 peserta. Ternyata lumayan juga, bisa bersaing dengan 100-an lebih blog komunitas.

Minggu pagi, 26 Oktober 2008 saya berangkat ke Jakarta. Karena minimnya dana, maka saya putuskan untuk menginap di tempat saudara saya di Parung Bogor. (hemat donk ..). Hari Senin, 27 Oktober saya datang ke Pustekkom untuk melakukan proses penjurian terakhir. Kebetulan dalam penjurian tersebut, saya mendapat jatah jam 13.00 s.d 13.30. (bayangkan, jauh-jauh dari Jogja cuma presentasi 30 menit, weleh-weleh).

Dengan bahan dan persiapan seadanya, akhirnya saya sukses presentasi di hadapan dewan juri. Di Pustekom saya sempat bertemu dan ngobrol sebentar dengan Pak Uwes  (juri LPMP 2008 di Bogor. Saya kira blognya Pak Uwes ikut nominator juga, ternyata memang karena dia kerja di Pustekkom.  Dan saya mengira juga bahwa Pak Uwes akan menjadi juri saya lagi, ternyata tidak juga. (ho22, ternyata salah semua perkiraan saya).

Di award tersebut blog saya bersaing dengan blognya Pak Romi  dan blognya Pak Soetrisno  dan saya sudah cukup puas bisa di posisi ketiga sesuai prediksi saya. Malam penghargaan diadakan di Gedung Pewayangan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan kondisi di luar gedung hujan deras. Meskipun begitu, Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Riset dan Teknologi tetap hadir, meskipun tidak sampai akhir acara, karena memang acaranya molor hingga tengah malam.

Semoga saja penghargaan ini bisa menjadi support bagi kita semua untuk terus berkarnya dalam mengembangkan konten-konten pendidikan berbasis TIK dan tentunya ini semua akan bermanfaat bagi kemajuan pendidikan Indonesia. Dan semoga saja penghargaan ini akan terus dilaksananakan di tahun-tahun mendatang.

Daftar peraih E-Learning Award 2008 bisa dilihat disini.

Istiyanto.Com Raih Juara Ke-3 E-Learning Award 2008 | istiyanto | 4.5