Kategori Baru – Rumus Praktis Matematika

Advertisement

Atas berbagai saran dari teman-teman yang telah menuliskan komentar di blog ini, pada posting kali ini saya akan menginformasikan, kategori baru di blog ini, yaitu rumus praktis matematika. Mengapa praktis ? Kata praktis saya pilih karena kata ini memberikan makna yang lebih ringan dan memberikan gambaran sekaligus bisa memberi pemahaman bahwa matematika tidak sesulit dan serumit yang dibayangkan.

Ada banyak cara untuk menyelesaiakan berbagai soal dalam matematika. Kita juga tidak diharuskan menyelesaikan soal-soal matematika dengan cara itu saja atau cara yang diberikan oleh guru. Jika ada jalan yang lebih cepat dan praktis, mengapa tidak dipilih ? Tentu saja, Anda tidak serta merta menggunakan rumus praktis. Kuasailah konsep dasarnya terlebih dahulu, baru Anda boleh menggunakan rumus praktis. Sayang jika Anda memahami kata praktis disini secara dangkal. Konsekuensi dari hal tersebut adalah bahwa jika Anda tidak menguasai konsep dasarnya, maka jika soal dirubah dengan sedikit variasi, maka nantinya Anda akan mengalami kesulitan.

Sampai saat ini saya juga belum mengetahui siapa sebenarnya berbagai rumus praktis. Di lembaga-lembaga bimbingan belajar, rumus ini sering digunakan, bahkan mereka mengklaim, bahwa bimbel itu yang menemukan rumus-rumus tersebut. Pada prinsipinya semua rumus praktis adalah sama, hanya pilihan kata yang digunakan berbeda. Misalnya ada lembaga bimbel yang memberi nama rumus cepat, rumus singkat, rumus Joko Gledek dan seterusnya.

Lepas dari hal tersebut, saya ingin memberi sedikit kesimpulan yaitu bahwa kita sah-sah saja menggunakan rumus praktis, hanya saja alangkah baiknya jika Anda juga menguasai konsep dasarnya, dan mengetahui  kapan rumus itu digunakan. Untuk selanjutnya di kategori ini saya akan menyajikan berbagai rumus praktis dalam matematika.

Advertisement
Kategori Baru – Rumus Praktis Matematika | istiyanto | 4.5