Kesibukan di Akhir Tahun Pelajaran

Di akhir tahun pelajaran, semua komponen sekolah disibukkan dengan banyak kegiatan. Siswa sibuk belajar menghadapi ulangan umum, sedangkan guru juga sibuk mengurus koreksi dan nilai. Belum lagi dengan kegiatan-kegiatan sekolah yang juga banyak memerlukan waktu, misalnya penerimaan siswa baru, class meeting, masa orientasi sekolah, rapat kenaikan kelas dan lain-lain.

Kegiatan tersebut hampir setiap tahun rutin dilakukan. Sebagai guru, Anda pasti juga sudah terbiasa dengan kesibukan di akhir tahun pelajaran. Bahkan, mungkin ada guru yang tidak menikmati masa liburan, karena terlalu banyak kegiatan di sekolah. Itu sudah menjadi konsekuensi sebagai seorang guru dan kita juga harus menjalaninya dengan tulus.

Santai Tapi Selesai. Itulah yang menjadi slogan saya selama ini dalam menghadapi kegiatan di akhir tahun pelajaran. Santai bukan berarti bekerja seenaknya. Target dan ketepatan dalam koreksi, mengolah nilai dan manajemen waktu tetap menjadi prioritas utama.  Memang ada baiknya perkerjaan diselesaikan secepatnya. Tapi menurut saya, setiap aktivitas dalam hidup ini harus dapat kita nikmati dengan baik. Cepat selesai, tetapi kalau kita tidak bisa menikmati, akan menjadi percuma. Bukan kegiatan-kegiatan tersebut nantinya akan kita jalani terus ? Buat apa cepat-cepat, toh hidup ini hanya sekali. Jadi nikmatilah hidup ini, dan tidak usah terburu-buru dalam menjalaninya.  Mungkin itu prinsip hidup saya. Anda punya prinsip lain, silahkan itu adalah cara dan jalan hidup Anda. Nikmati hidup ini dengan lebih baik dengan cara kita masing-masing dan tidak usah memperdebatkan prinsip orang lain.

Kesibukan di Akhir Tahun Pelajaran | istiyanto | 4.5