Ketika Dua Kali Dua Sama Dengan Lima

Pada posting sebelumnya pernah saya memberikan sesuatu yang mungkin aneh bagi Anda, yaitu 1 + 1 =0. Hal ini bisa berakibat juga bahwa 1 + 1 = -2. Aneh memang. Tapi pada posting tersebut, saya ingin mengatakan pada Anda, bahwa kita kadang sering mendengar sesuatu yang kita sendiri tidak mengetahui asal-usul mengapa bisa begini dan mengapa bisa begitu. Kita hanya membiarkan sesuatu masuk melalui telinga dan membiarkan kebiasaan-kebiasaan itu berlalu begitu saja.
Saya tidak ingin menjerumuskan Anda ke dalam lubang kesesatan dan kebenaran-kebenaran matematika yang mungkin bagi Anda membosankan atau bahkan membingungkan. Mari kita lihat dengan kepala jernih dan tanpa perlu dipikir berat.

Dua Kali Dua Sama Dengan Lima

Kalau 1 + 1 = 0, mengapa dua kali dua sama dengan lima. Simak penjelasan berikut:

Dalam matematika, untuk membuktikan bahwa sebuah rumus berlaku untuk semua bilangan (misalnya), maka kita harus membuktikan dengan mengambil sembarang bilangan (dinotasikan dengan variabel). Dan jika berhasil, maka pembuktian tersebut sah. Sedangkan jika kita ingin membuktikan bahwa suatu rumus adalah salah, maka kita cukup mengambil salah satu bilangan saja, dan jika terbukti salah, maka rumus tersebut tidak berlaku.

Dalam pembuktian di atas, saya mengambil satu beberapa bilangan saja, dan terbukti bahwa 2 x 2 = 5. Nah, tugas Anda adalah mencari langkah mana yang tidak tepat. Selamat mengamati. Sekali lagi saya tidak ingin meracuni pikiran Anda. Refleksinya adalah: bahwa kita harus selalu bersikap kritis terhadap segala hal yang ada di sekitar kita.

Salam Matematika !!!

Ketika Dua Kali Dua Sama Dengan Lima | istiyanto | 4.5