Lagi, Soal Matematika SD

Matematika untuk SD, Matematika SMP dan Matematika SMA sebenarnya saling berkait dan memiliki syarat dan prasyarat. Siswa-siswa yang baru lulus SD butuh penyesuaian ketika belajar Matematika di SMP. Demikian juga dari jenjang SMP ke SMA. Belum lagi penyesuaian dengan guru Matematikanya. Siswa-siswa yang terampil mengerjakan soal Matematika di SD akan banyak terbantu ketika belajar di SMP dan juga untuk yang SMP ke SMA. Tetapi memang dalam kenyataannya semua butuh proses.  Saya masih teringat ketika mengajar Matematika di kelas X SMA. Ternyata banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam operasi-operasi dasar Matematika, misalnya: menyamakan penyebut, perkalian silang, memfaktorkan persamaaan kuadrat.

Dan sebenarnya materi-materi tersebut pernah diperoleh ketika di SMP dan sebenarya sudah masuk dalam SKL kelulusan SMP.

Matematika Berkesinambungan

Refleksi yang saya peroleh dari hal tersebut adalah, bahwa belajar Matematika adalah belajar berkesinambungan. Materi Matematika yang diperoleh pada waktu SD dan SMP tidak langsung putus ketika siswa dinyatakan lulus pada jenjang akhir sekolah.

Maaf jadi ngelantur. Kembali lagi sesuai judul posting di atas, bahwa saya akan menampilkan soal-soal Matematika yang menurut saya berkualitas dan patut Anca coba untuk latihan.

Soal 1:

Diantara bilangan pecahan 1/5 dan ½ terdapat Sembilan bilangan pecahan sedemikian hingga selisih antara kedua bilangan pecahan tetap. Tentukan jumlah dari 11 pecahan ini !

Soal 2:

Diketahui segitiga ABC dan titik D berada di AC, AB = AD dan sudut ABC dikurangi sudut ACB adalah 30 derajat. Tentukan besar sudut CBD !

Soal 3:

Sebuah persegi panjang dibuat dari 2000 x 4002 persegi, berapa jumlah persegi yang melewati garis diagonal ? (Sebagai contoh, gambar dibawah menunjukkan garis diagonal dari 6 x 8 persegi panjang dan jumlah persegi yang melewati sebanyak 12 persegi)

Soal 4:

Pada gambar berikut AB merupakan diameter dari sebuah lingkaran dengan pusat C. Dua buah setengah lingkaran APC dan CQB terletak pada AB. Lingkaran PQR menyentuh ketiga setengah lingkaran. Jika AB = 28, tentukan jari-jari dari lingkaran PQR !

Soal 5:

Perhatikan gambar berikut. BCDE merupakan persegi dan segitiga ABC adalah segitiga siku-siku. Jika AB = 3 cm dan BC = 5 cm, tentukan luas daerah segitiga ABE !

Soal 6:

Pada persamaan berikut, setiap huruf menyatakan sebuah digit bilangan yang berbeda.

7(ABCXYZ) = 6(XYZABC)

A dan X tidak sama dengan nol. Tentukan enam digit bilangan ABCXYZ !

Soal 7:

Susunan bilangan asli 1, 2, 3, 4, …. disusun seperti gambar berikut. Bilangan-bilangan 2, 3, 5, 7, 10, …. disebut dengan “turning number” sesuai arah panah yang masuk dan keluar dan berubah arah ketika di pojok. Berapa banyaknya “turning number” diantara bilangan 529 ssampai dengan 1000?

Soal 8:

Sebuah bilangan bulat disebut dengan “happy”, jika jumlah digitnya adalah 10. Berapa banyak banyak bilangan “happy” yang terdapat diantara 100 sampai dengan 1000?

Soal 9:

Tentukan jumlah dari a,b, dan c dengan a/2 = b/3 = c/5 dan hasil kali a, b dan c adalah 1920.

Soal 10:

Gantilah huruf a, b, c dan d dalam bentuk berikut dengan angka 1, 2, 3 dan 4 tanpa perulangan:

Tentukan selisih antara bilangan terbesar dan terkecil dari bentuk di atas !

Soal 11:

Bus-bus dari kota A ke kota B berangkat setiap jam (misalnya: 6.00, 7.00, dst … )

Sedangkan bus-bus yang lain berangkat dari kota B ke kota A setiap 30 menit (misalnya: 6.30, 7.30, dst … )

Perjalanan dari kota A ke kota B memerlukan waktu 5 jam. Diasumsikan bahwa bus-bus tersebut melewati jalan yang sama. Jika kamu naik bus dari kota A, berapa banyak bus dari kota B yang kamu lewati ?

Salam dan tetap semangat !

Istiyanto

Lagi, Soal Matematika SD | istiyanto | 4.5