Lectora, Tools Alternatif untuk Membuat Media Pembelajaran

Advertisement

 

Beberapa kali menjadi instruktur Lectora di BTKP DIY, saya berkesimpulan bahwa Lectora merupakan E-Learning Software yang lengkap, handal dan cocok digunakan untuk membuat media pembelajaran. Lectora dapat digunakan secara mudah oleh guru sehingga guru dapat mengkreasikan media pembelajaran sesuai dengan bidang studi yang diampu. Saya sungguh sangat merekomendasikan software ini untuk guru.

Para guru mungkin sudah mengenal dengan yang namanya PowerPoint dan Adobe Flash. Kedua software tersebut menurut saya juga bagus untuk membuat media pembelajaran. Tetapi diciptakannya PowerPoint sebenarnya untuk presentasi, bukan untuk membuat media pembelajaran. Meskipun dengan segala macam cara PowerPoint dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang menarik. Sedangkan Adobe Flash merupakan software dari Adobe yang dibuat untuk keperluan untuk membuat animasi, dan bukan semata untuk membuat media pembelajaran. Dengan Adobe Flash, kita dapat membuat media pembelajaran secara bebas, dengan berbagai macam desain yang diinginkan tanpa batasan-batasan tertentu.

Untuk Lectora, dari awal software ini diciptakan memang untuk kebutuhan e-learning. Lectora dapat digunakan untuk kebutuhan pembelajaran baik secara online maupun offline yang dapat dibuat dengan cepat dan mudah. Lectora dapat digunakan untuk menggabungkan flash, merekam video, menggabungkan gambar, dan screen capture.

Dengan sekali install Lectora (sekitar 800 Mb) kita juga dapat menginstall software-software berikut.

1. Flypaper
Flypaper digunakan untuk menggabungkan gambar, video, flash, animasi transisi, gameĀ  memory dll. Software ini dapat mengasilkan file dalam bentuk swf sehingga dapat dengan mudah diintegrasikan dengan Lectora secara mudah.

2. Camtasia
Anda mungkin sudah cukup familiar dengan software ini. Camtasia digunakan untuk merekam langkah-langkah yang kita lakukan di layar monitor. Software ini juga dapat digunakan untuk mengedit video dan dapat dipublish menjadi standar format-format video.

3. Snagit
Snagit dapat digunakan untuk mengcapture layar monitor kita. Ini merupakan teknologi print screen. Biasanya kalau kita mengcapture image harus dimasukkan terlebih dahulu ke Paint. Nah, SnagitĀ  ini merupakan software pengganti Paint jika Anda sudah menginstallnya. Lebih jauh lagi, Snagit dapat digunakan untuk menggabungkan beberapa gambar menjadi satu dan dapat dipublish dalam berbagai bentuk file gambar.

Jika Anda memiliki kesulitan dalam mendesain media pembelajaran, maka Lectora menyediakan template yang sudah ada, dan kita tinggal memasukkan materi pembelajaran. Kecuali itu di dalam Library Lectora sudah terdapat banyak gambar, animasi, karakter animasi yang dapat kita gunakan secara langsung.

Bagi Anda yang sulit memasukkan rumus-rumus Matematika, Fisika, Kimia dll, di dalam Lectora sudah terdapat Equation Editor yang dapat kita gunakan secara langsung. Equation Editor memudahkan guru-guru eksak untuk memasukkan rumus-rumus dan juga membaut evaluasi. Dengan Lectora kita juga dapat membuat evaluasi lebih mudah dan menarik (dibandingkan Flash dan PowerPoint). Jenis-jenis evaluasi yang dapat kita buat diantaranya:
1. Pilihan Ganda
2. Benar/Salah
3. Menjodohkan
4. Uraian Singkat
5. Drag and Drop
6. Hot Spot
7. Essay
8. Fill in Blank

Software ini dapat dipublish dalam bentuk SCORM(standar LMS), Exe, HTML dll. Sungguh software ini menurut saya lengkap dan bisa banyak bermanfaat untuk guru untuk membuat Media Pembelajaran.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda. Sekiranya Anda membutuhkan informasi yang lebih mengenai software ini ataupun untuk keperluan pelatihan, Anda dapat menghubungi saya melalui kontak yang sudah saya saya sediakan disini.

Salam Pendidikan,

Istiyanto

 

Advertisement
Lectora, Tools Alternatif untuk Membuat Media Pembelajaran | istiyanto | 4.5