Matematika dan Komputer

Advertisement

matkomp
Beberapa hari ini saya mencoba googon googling untuk mencari keterkaitan antara matematika dan komputer. Saya penasaran, apakah selama ini sudah ada kajian teoritis mengenai hubungan keduanya ? Artika Artikel-artikel online tentang keterkaitan tersebut saya buru dan kaji agak dengan mendalam. Berdasar artikel-artikel tersebut saya belum merasa puas dengan apa yang dituliskan oleh para blogger atau ilmuwan. Memang mungkin saya agak stress, tidak ada pekerjaan atau mencari sesuatu yang tidak mungkin. Namun saya sungguh penasaran dengan hal ini.

Selama kuliah saya belum pernah mendengar kajian teori yang menyebutkan hubungan antara matematika dan komputer. Ya memang, jika kita lihat ke beberapa perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, Anda dapat secara langsung menyebutkan bahwa ada keterkaitan antara keduanya. Mengapa ? Karena biasanya jurusan matematika dan komputer jadi satu fakultas. Sebut saja di UGM-USD, ITB dan perguruan tinggi lainnya. Ha .. ha2. Lalu, sudahkah ada teorema teori yang menyebutkan bahwa matematika dan komputer berkaitan ?

Jika Anda mempelajari pemrograman komputer, mungkin Anda dapat melihat hubungan antara matematika dan komputer, karena dalam pemrogram konsep-konsep matematika digunakan. Misalnya: logika matematika, konsep himpunan bilangan, konsep matriks dan lain-lain. Dalam macromedia flash kita juga dapat menemukan hubungan ini, misalnya dalam action script flash – banyak menggunakan konsep trigonometri, pembulatan dan lain-lain.

Namun bagaimana kita dapat menjelaskan pada orang-orang adam awam bahwa memang ada keterkaitan antara keduanya ? Saya tanyakan hal-hal ini pada mahasiswa ikom, matematika, teknik ataupun dosen-dosennya. Apakah sudah ada kajian teori tentang hal tersebut ? Atau mungkin ada yang dapat membantu ?

Advertisement
Matematika dan Komputer | istiyanto | 4.5