Media Pembelajaran TIK PowerPoint Ppt

Advertisement

Setelah melewati ujian di UNY sekaligus mengakhiri rangkaian pelaksanaan PLPG, Sabtu, 22 Oktober 2011 rasanya lega juga. Melihat soal-soal ujian yang diberikan kemarin menurut saya aneh juga.

1. Sebagian besar soal-soal yang keluar tidak sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan. Menurut informasi dari pihak penyelenggara soal-soal disusun oleh pusat. Namun demikian, soal-soal yang dikeluarkan tetap tidak sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan.

2. Soal-soal yang keluar tidak bisa mengukur kompetensi dasar guru dalam mengajar.  Memang benar, bahwa soal-soal tersebut disusun melihat kompetensi guru secara nasional. Namun apakah kemampuan guru dari tingkat daerah sampai pusat memiliki kemampuan yang sama ? Jika tolak ukur yang digunakan adalah tingkat pusat (Jakarta) menurut saya kok tidak adil, karena bagaimanapun juga, jumlah guru didaerah jauh lebih besar daripada di tingkat pusat. Latar belakang guru juga berbeda-beda, ada yang guru TIK SMP, SMA, SMK (TKJ, Multimedia, RPL) dll namun diujikan dengan soal yang sama. Alangkah baiknya jika soal-soal yang diberikan disesuaikan dengan kompetensi guru tempat mengajar dan tidak dipukul rata.

Karena ujian ini sifatnya nasional, apakah tidak sebaiknya soal-soal mengacu seperti soal-soal ujian nasional, dimana soal-soal disusun sesuai dengan standar kompetensi lulusan (SKL).

Sebagai gambaran saja, soal-soal yang keluar malah seputar OOP (Object Oriented Programming), Jaringan Komputer Lanjut dan lain-lain. Soal-soal standar malah tidak banyak yang keluar. Memang ini merupakan wewenang panitia. Sebagai guru biasa saya hanya bisa menuliskan di blog ini, tidak terlalu banyak yang bisa berbuat, dan siapa tau ada yang membaca. Dan saya banyak berharap PLPG guru digarap dengan serius dan professional agar kami juga bisa menjadi ujung tombak yang professional untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Selebihnya banyak manfaat dari PLPG kemarin dan menambah pengetahuan saya di bidang pengajaran. Nah, seperti yang pernah saya tulis seselumnya, bahwa saya akan membawakan oleh-oleh dari PLPG. Berikut saya upload media pembelajaran yang pernah saya buat dengan PowerPoint. Semoga bermanfaat.

Media Pembelajaran Bilangan Biner dan Bilangan Desimal

Media Pembelajaran Bitmap dan Vektor

Media Pembelajaran MailMerge

Salam sukses,

Istiyanto

Advertisement
Media Pembelajaran TIK PowerPoint Ppt | istiyanto | 4.5