Mind Mapping untuk Pembelajaran TIK

Advertisement

Saya kira rekan-rekan sudah akrab dengan salah satu media pembelajaran ini dan tentunya bukan barang baru bagi Anda. Untuk membuatnya Anda bisa menggambar secara manual atau menggunakan perangkat lunak: Free Mind, Mind Manager, XMind dan lain-lain. Namun yang lebih penting adalah bagaimana kita memanfaatkannya dan memadukan dengan pembelajaran di kelas. Sebagus media pembelajaran yang kita buat, akan menjadi percuma jika tidak bisa kita manfaatkan dengan baik.

Media pembelajaran ini bisa kita gunakan untuk mengajar Biologi, Matematika, Fisika, Kimia, Sejarah, Bahasa Indonesia, dll. Jadi media ini digunakan tidak terbatas pada pelajaran-pelajaran yang membutuhkan hafalan saja.  Mata pelajaran eksak pastinya juga cocok menggunakan mind mapping.

Media ini akan membantu kita ketika akan menjelaskan konsep yang kompleks dan sulit. Dengan media ini menurut saya siswa akan menjadi lebih mudah dalam mengingat dan belajar. Teknis penggunaan mind mapping untuk pembelajaran TIK adalah sebagai berikut. Materi yang akan saya berikan adalah materi tentang database (konsep).

Durasi waktu: 2 x 45 Menit.
1. Modul tentang database akan saya copykan ke siswa (soft/hardcopy/donwload di blog)
2. Mind Mapping saya buat, tetapi hanya kerangkanya saja.
3. Di kelas siswa disuruh untuk membaca modul terlebih dahulu.
4. Setelah itu siswa melengkapi mind mapping yang saya buat. Menambahkan definisi, contoh dll.
5. Mind mapping bisa dijadikan penilaian psikomotorik ataupun afektif.

Ingat, mind mapping hanya alat bantu saja untuk menjelaskan konsep yang banyak. Sebelumnya guru tetap membuat modul. Itu saja yang bisa saya sharingkan. Lebih kurangnya saya mohon maaf. Barangkali ada rekan-rekan yang lebih ahli dalam hal ini bisa share di posting ini.

Salam,
Istiyanto

Advertisement
Mind Mapping untuk Pembelajaran TIK | istiyanto | 4.5