Memahami Algoritma Google Yang Semakin Aneh

Google sepertinya semakin pintar dan selektif untuk memunculkan situs-situs yang berkualitas. Beberapa minggu ini pengunjung blog ini naik turun dan cenderung tidak stabil. Selain itu efek algoritma yang berubah berdampak langsung terhadap blog saya yang lain yang berakibat pada  alexa yang semakin gemuk dan Page Rank -nya cenderung turun. Dan ini bukan berarti blog ini semakin tidak berkualitas (he2).

Kalau dikatakan jarang update menurut saya tidaklah demikian. Blog ini selalu update meskipun sebulan hanya beberapa kali. Algoritma Google yang berubah terus menerus berdampak langsung pada banyak sedikitnya pengunjung. Hal yang paling menonjol adalah ketika kita mengetikkan kata kunci tertentu menggunakan Google, blog ini semakin tidak muncul dan kalah dengan blog lain. Padahal dari segi update posting dan PR juga tidak kalah.

Dan tentu saja kita harus paham bahwa Google adalah perusahaan besar yang memiliki banyak SDM berkualtias  dan cerdas sehingga menghasilkan algoritma yang susah ditebak apalagi direkayasa. Sungguh, bahwa kita sebagai pengguna biasa harus paham dengan algoritma Google.

Memahami Algoritma Google Yang Semakin Aneh | istiyanto | 4.5