Membuat Animasi Masking Sederhana

Animasi masking merupakan salah satu jenis animasi yang paling banyak digunakan dalam dunia iklan online. Animasi ini mampu menghasilkan jenis file yang menarik dan secara tidak langsung akan mempengaruhi konsumen untuk melihat kemudian mengeklik iklan tersebut. Kali ini saya akan menjelaskan langkag-langkah membuat animasi masking dengan flash. Kali ini saya menggunakan Adobe Flash CS 5 dengan Action Script 2.0 (meskipun kali ini tidak menggunakan AS). Ikuti tutorialnya.

1. Buat background warna hitam. Untuk membuat background warna hitam Anda dapat menggunakan Rectangle tool atau dengan mengeklik stage, kemudian pilih warna hitam. Kali ini saya menggunakan cara yang kedua.

masking 1masking 2

2. Insert frame sampai dengan frame 40 pada Layer 1 (background).

3. Tambahkan layer baru kemudian buat teks “ANIMASI MASKING” menggunakan Text Tool. Insert frame sampai dengan frame 40. Untuk mempermudah pemahaman animasi masking, silakan teksnya menggunakan warna putih.

masking 3

4.Tambahkan layer baru dan kini Anda memiliki 3 buah layer.

5. Buat objek lingkaran berwarna putih di frame 1 Layer 3 menggunakan Oval Toll, dan letakkan di bawah teks.

masking 4

6. Insert Keyframe dan gerakkan objek ke atas melewati teks yang Anda buat. Klik kanan diantara frame 1 s.d frame 10, kemudian pilih Create Classic Tween. Ulangi langkah tersebut dari frame 10 s.d frame 20 dan seterusnya dengan menggerakkan objek melewati teks (ke atas, kanan, kiri atau bawah). Dan posisi layer Anda seharunya seperti ini.

masking 5

7. Klik kanan pada Layer 3 dan pilih Mask.

8. Tekan Ctrl+Enter untuk Test Movie.

Download File Fla

Semoga bermanfaat dan Tuhan Memberkati!

Istiyanto

Membuat Animasi Masking Sederhana | istiyanto | 4.5