Membuat Model Kanker dengan Matematika

Para matematikawan saat ini sedang mengembangkan model virtual pertumbuhan kanker dalam upaya untuk memprediksi bagaimana kanker menyebar.

Peneliti dari Universitas Dundee telah diberikan lebih dari £ 1.5m untuk datang dengan sebuah model yang dapat mengukur bentuk dan kecepatan dari penyakit.  Universitas ini telah lama merintis penggunaan matematika sebagai cara untuk memprediksi perkembangan tumor.

Tujuan dari proyek, yang didanai oleh Dewan Riset Eropa, adalah untuk membantu dokter dalam mendiagnosa penyakit. Profesor Mark Chaplain, kepala matematika di Dundee, mengatakan timnya akan menggunakan komputasi canggih teknik matematika untuk mengembangkan model.

Dia berkata: “Salah satu tantangan besar dalam menangani pengobatan kanker adalah bahwa Anda dapat memiliki dua pasien dengan jenis yang sama tumor di daerah yang sama dari tubuh, tetapi mereka akan bereaksi sangat berbeda.

“Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap pembentukan dan pertumbuhan sel-sel kanker dapat semua diukur – sebagian besar proses-proses biologis dalam tubuh manusia melibatkan banyak berbeda tetapi saling terkoneksi fenomena yang nilai matematika dapat diterapkan.”

‘Uniquely Placed’
Pendekatan pemodelan proyek akan menjadi unik dalam perkembangan suatu individu berbasis model, difokuskan pada tingkat sel dan memperlakukan sifat biomekanis setiap sel. Prof Chaplain dan timnya akan bekerja sama dengan para peneliti dalam ilmu pengetahuan, obat-obatan dan fisika di Dundee untuk mengembangkan model-model baru.

Dia menambahkan: “Kami secara unik ditempatkan di Dundee dalam memiliki semua keahlian yang dibutuhkan yang relevan di seluruh disiplin ilmu yang berbeda untuk bekerja pada proyek ini.”  Hibah meliputi lima tahun dan akan memberikan tujuh posting baru di universitas – tiga pasca-doktoral asisten peneliti, tiga PhD satu tempat penelitian mahasiswa dan dosen.

Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di negara maju, dengan sekitar 11 juta orang didiagnosis dan sekitar tujuh juta orang meninggal setiap tahun. Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa trend saat ini menunjukkan sekitar sembilan juta orang akan meninggal pada tahun 2015, dengan jumlah naik menjadi 11,5 juta pada 2030.

(sumber: www.bbc.co.uk)

Membuat Model Kanker dengan Matematika | istiyanto | 4.5