Membuat Puzzle dengan Flash

Hampir beberapa tahun saya tidak posting mengenai tutorial Flash di blog ini. Banyak alasan, diantaranya baru sibuk mengurus konten Matematika. Benar dan itu benar sekali. Beberapa tahun belakangan ini saya sibuk mengurus pembuatan soal dan pembahasan Matematika terutama untuk SD.

Sepertinya ada bisikan beberapa hari ini untuk posting mengenai tutorial Flash. Lagian, sudah banyak member juga yang mengirim email ke saya untuk segera membuat tutorial Flash terutama tentang pembuatan puzzle. Untuk memenuhi janji tersebut, malam ini saya postingkan khusus tentang pembuatan puzzle dengan Flash.

Perlu diketahui bahwa Anda dapat membuat di Flash versi berapapun, tidak masalah.Dan mengenai versi sebaiknya tidak perlu dipermasalahkan, karena yang penting adalah logika berpikirnya.

Nah, apa keunggulan puzzle yang saya buat ini:
1. Dapat diaplikasikan untuk semua bidang (pendidikan, game, dll)
2. Dapat menampilkan waktu/timer (menurun)
3. Dapat menampilkan skor total
4. Dapat dikembangkan dalam pembuatan game
5. Proses pembuatan tidak terlalu ribet
6. dll

Berikut, silakan Anda coba, puzzle yang saya buat kali ini, yaitu puzzle Matematika (mengurutkan bilangan), waktu dibatasi maksimal 20 detik, dan jika skor total mencapai 100, maka Anda akan menang, sebaliknya jika sampai dengan waktu Anda habis, maka Anda akan kalah dan sebaiknya dicoba lagi.

Lihat file SWF (zoom view)

Salam,

Istiyanto

Membuat Puzzle dengan Flash | istiyanto | 4.5