Membuat video tutorial pembelajaran matematika

Minggu-minggu ini saya disibukan dengan pembuatan video tutorial pembelajaran matematika. Nah, kalau bapak/bu pernah mengunjungi khan academy, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Video tutorial pembelajaran menurut saya yang ideal memang seperti yang ada di khan academy dan tentu itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Di khan academy banyak sekali tutorial-tutorial pembelajaran hampir semua mata pelajaran, dapat kita nikmati secara gratis. Banyak siswa, guru dan orang-tua yang sangat terbantu dengan adanya khan academy.

Di Indonesia, khususnya yang diupload di youtube sebenarnya sudah banyak yang memanfaatkan youtube untuk tutorial. Anda dapat mengecek langsung disana. Dan tiap hari ada banyak video-video tutorial pembelajaran yang baru. Video tutorial menurut saya juga termasuk bagian dari e-learning.

Mimpi untuk membuat video tutorial pembelajaran pun kini terwujud. Dengan peralatan seadanya saya coba untuk memproduksi, meskipun sehari satu atau dua video saja bagi saya sudah cukup.

Video tutorial pembelajaran matematika yang sudah saya buat lalu saya upload ke youtube, dan ini gratis. Dari tiap video yang saya buat saya selalu belajar banyak hal, mulai dari proses persiapan naskah soal, materi, skenario pembelajaran, proses produksi, upload dll. Mulai dari hasil yang gagal, tidak jelas pun saya upload agar saya selalu dapat mengingat setiap proses yang saya jalani.

Anda dapat melihat hasilnya di bagian bawah kanan blog saya ini, istiyanto.com. Setiap kali saya upload selalu saya share juga ke akun twitter saya.  Saat ini zamannya internet, internet cepat, mari kita manfaatkan youtube untuk pembelajaran. Majulah Indonesiaku, majulah pendidikan di Indonesia.

Kalau bukan sekarang untuk belajar, mau kapan lagi? Bagi Anda yang ingin belajar membuat video tutorial pembelajaran, Anda dapat menghubungi saya di nomor HP. 081227992609 (SMS atau WA).

Salam,

Istiyanto

Membuat video tutorial pembelajaran matematika | istiyanto | 4.5