Mendefinisikan “Kembali” E-Learning

Pada posting kali ini saya mencoba untuk mendefiniskan “kembali” kata e-learning. Mungkin telinga kita sering mendengar kata e-learning, namun tidak mengerti arti e-learning sesungguhnya. Biasanya kalau mendengar e-learning, mungkin dalam benak Anda membayangkan suatu media pembelajaran yang menggunakan komputer atau internet sebagai media penyampaiannya.

Teknik yang saya pakai sama pada posting sebelumnya, yaitu dengan searching di google. Pada searching yang pertama saya mendapat link ke alamatnya brantas praya, yaitu situs tentang media pembelajaran online. Disitu terdapat definisi e-learning oleh Darin E. Hartley [Hartley, 2001] dan definisi dalam Glossary of e-Learning Terms [Glossary, 2001]. Lalu disitu pula disebutkan link menuju ke definisi-definisi lain dalam bahasa inggris.

Saya mencoba untuk klik link tersebut dan ternyata banyak definisi-defini mengenai e-learning disitu. Kemudian saya mendoba untuk mendefinisikan e-learning dalam bahasa indonesia. Berikut definisi-definisinya:


Digitalstrategi.govt.nz
E-learning adalah pembelajaran yang difasilitasi dengan perangkat digital. Dengan kata lain, e-learning melibatkan bentuk-bentuk interaksi termasuk media secara online.

Mba.hobsons.com
E-learning adalah pengajaran yang ditawarkan menggunakan metode – metode pengiriman elektronik seperti CD-ROM, video konferensi, website dan email. Biasanya digunakan untuk pengajaran jarak jauh.

Ict.ox.ac.uk
Pelayanan yang dikirimkan, diadakan atau dimediasi oleh ICT yang bertujuan untuk proses pengiriman materi-materi ajar dan teknologi serta pelayanan yang digunakan untuk menciptakan, mengatur dan mengirim hal-hal yang berkaitan dengan ICT.

www3.imperial.ac.uk
E-learning adalah proses pengajaran yang diciptakan secara digital untuk berinteraksi dengan konten-konten dan pelayanan-pelayanan.

www.teach-nology.com
Kegiatan-kegiatan pengajaran dengan semua perangkat elektronik/digital

istiyanto.ocm
E-larning adalah suatu proses pengajaran yang menggunakan media elektonik/digital dalam penyampaiannya seperti: CD, file-file pdf, slide-slide presentasi, website dan media lainnya

Onlinedegreezone.com
Suatu proses yang difasilitasi dalam pendidikan dengan jaringan (internet, LAN atau WAN)

Mendefinisikan “Kembali” E-Learning | istiyanto | 4.5