Mengatasi Spam

Jengkel dengan banyaknya spam yang masuk ke blog kita ? Beberapa minggu ini saya juga cukup kesal dengan banyaknya spam yang masuk tanpa ijin (he2, namanya saja spam) ke blog ini melalui komentar. Tidak tanggung-tanggung, tiap hari 50 spam masuk melalui kotak komentar yang saya sediakan. Malas kan kalau di delete satu persatu ?

Berbagai perangkat anti spam sudah saya install, tetapi hasilnya tetep nihil. Lalu saya sempat kepikiran untuk memasang captcha. Dan akhirnya spam tidak menghinggapi lagi. Tetapi jangan tenang dulu. Perangkat pengirim spam yang ada saat ini sungguh sangat canggih. Dengan hanya satu kali klik saja, komentar spam dapat masuk ke 100an blog atau lebih dalam detik yang sama. Ha2 … jadi kita juga harus tetap  harus waspada dengan yang namanya spam.
Nah apa itu spam ?
Menurut wikipedia,
spam bisaberbentuk junk mail adalah penyalahgunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web. Bentuk berita spam yang umum dikenal meliputi: spam  surat elektronik, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam  berita pada telepon genggam, spam forum Internet, dan lain lain.

Klik disini untuk definisi yang lebih lengkap mengenai spam.

Nah, sebagai kesimpulan untuk mengatasi spam di wordpress adalah dengan:
1. Pasang antispam (misalnya wp spam free) atau gunakan yang lain sesuai selera Anda.
2. Pasang captcha untuk menghindari mesin spam bekerja pada blog kita.
3. Jangan menaruh alamat email kita sembarangan di blog. Lebih baik gunakan istiyanto[at]ymail.com daripada istiyanto-akeong-ymail.com. Menggunakan image jauh lebih baik.
4. Miliki akun email lebih dari satu. Jika kita punya dua, satu digunakan untuk utama, sedangkan yang kedua gunakan untuk mendaftar di internet.

Berikut Ini merupakan contoh spam yang beberapa minggu ini masuk blog saya.

Mengatasi Spam | istiyanto | 4.5