Menginstall Windows XP di HP Compaq V3736

Beberapa bulan yang lalu saya melakukan trial and error pada notebook HP Compaq V3736 TU untuk dipasang dengan Windows XP. Saya tidak membayangkan serumit itu untuk install Windows XP di notebook-notebook baru termasuk HP. Dengan harga sekitar 8 juta, spesifikasi notebook ini cukup lumayan, hardisk 120 gb, processor core 2 duo dan RAM bawaan 512 MB.
Dalam paket pembelian ternyata tidak disertakan driver-driver bawaan resmi dari HP, karena ternyata menurut CS nya, HP sudah tidak support ke XP dan mulai beralih ke vista. Daripada saya download sendiri driver-drivernya di HP.com, saya coba minta ke CS nya dan dapat juga deh. Memang hampir sebagian besar notebook saat ini sudah tidak support XP dan mulai men-suppport vista sehingga bagi para fans XP harus siap-siap merogoh kocek untuk membayar penginstalan atau berjuang sendiri melakukan trial and error.
Langkah saya selanjutnya adalah tanya pada google, namun belum banyak yang memberikan solusi yang melegakan, karena ketidaksesuaian seri atau file-file rujukan broken sehingga tidak dapat di download file-filenya. Untuk seri HP V3736 masih jarang di bahas, tidak tau kenapa, padahal notebook ini cukup lumayan untuk pengguna personal. Namun saat itu saya menemukan tutorial di blog bagaimana langkah-langkah menginstall XP di notebook-notebook baru. Menurut saya ada beberapa solusi yang dapat dipakai jika Anda ingin memasang XP di notebook tersebut:

  1. Install langsung menggunakan Windows XP black edition untuk release yang terakhir, saya sarankan cari yang versi DVD, dan Anda tidak perlu repot-repot install satu-persatu aplikasinya, karena dalam DVD ini sudah disertakan paket aplikasi-aplikasi yang baru
  2. Anda download driver sata driver untuk HP seri V3736 di hp.com, biasanya filenya sp….exe, karena notebook ini tidak disertai option seri hardisk pada BIOS nya, sehingga hardisknya tidak bisa ke detect secara langsung. Setelah Anda dapatkan drivernya, tambahkan drivernya menggunakan program nlite. Jika Windows XP sudah terpasang, maka Anda harus mencari driver-driver yang lain, soundcard, vga, wifi, webcam dan lain-lain

Cara-cara tersebut tidak saya temukan secara langsung dan saya harus trial error dengan berbagai cara termasuk tanya pada yang ahli (google). Saya melakukan trial and error selama 3 hari dan XP baru bisa terpasang pada notebook saya. Namun jika Anda tidak ingin repot-repot dengan cara-cara di atas, Anda tinggal masukkan DVD Vista yang ultimate sekalian, namun Anda harus mengupgrade RAM Anda menjadi minimal 2 gb dan notebook Anda langung bisa bunyi. Setelah itu tingggal install driver-drivernya saja. Cukup mudah bukan ? Namun Anda harus siap-siap jika menggunakan vista, karena Windows versi ini masih banyak mempunyai banyak celah dan masih belum stabil.

Tantangan saya selanjutnya adalah saya ingin menginstall notebook saya dengan Fedora Core 8 dan Ubuntu 2.5. Tunggu tantangan saya selanjutnya.

Menginstall Windows XP di HP Compaq V3736 | istiyanto | 4.5