Matematika dan Action Script 3

Advertisement

Judul tersebut sepertinya mengingatkan saya pada masa-masa kuliah dulu. Sewaktu kuliah saya pernah mendapatkan mata kuliah Kalkulus Peubah Banyak, Geometri Fraktal, Topologi, Analisis Real, Logika Kabur dan Praktikkum MatLab. Memang di mata kuliah-mata kuliah tersebut saya tidak diajarkan bagaimana membuat bentuk-bentuk matematika di ruang dengan Flash, tetapi mata kuliah tersebut ternyata berkaitan dengan bentuk yang dapat dibuat dengan Flash dan Action Script 3.

Dengan Kalkulus Peubah Banyak, kita dapat melihat fungsi yang terdiri lebih dari 2 atau bahkan 3 variabel. Fungsi2 tersebut jika digambar dalam ruang berdimensi 3, bisa berupa lembah dan gunung yang memiliki nilai maksimum dan minimum. Geometri Fraktal, dengan segala definisinya yang “njlimet”, kita bisa melihat bahwa matematika tidak selalu identik dengan keteraturan. Justru Gometri Fraktal, menunjukkan sisi lain matematika-ketidakteraturan. Topologi, membuktikan interval terbuka dan tertutup dalam ruang berdimensi dua/bidang. Meskipun hanya dalam bidang, mempelajari topologi cukuplah susah. Ingin melihat bentuk-bentuk lainnya ? Dengan segala temuan dan perubahan terbarunya, di mata kualiah logika kabur, saya mendapatkan satu konsep baru dalam matematika. Mata kuliah ini erat kaitannya dengan praktikum yang saya peroleh yaitu praktikkum MatLab, yang mengantarkan saya pada bentuk-bentuk yang indah di ruang dan dapat dijelaskan secara ilmiah dengan teori matematika.

Terus terang, sebagian besar materi-materi mata kuliah-mata kuliah tersebut lupa, setelah 4 tahun bergelut dengan komputer. Dan tentu saja karena saya mengajar di SMA, mata kuliah-matakuliah tersebut semakin jauh saya tinggalkan. Namun, setelah beberapa tahun mendalami Flash, saya seperti diingatakan kembali. Dengan Flash ternyata saya menemukanbentuk-bentuk di ruang dengan indah dan semuanya dibuat dengan matematika. Dengan dasar matematika dan pemrograman C/C++, kita dapat membuat bentuk-bentuk di ruang dengan Action Acript 3 yang merupakan bahasa pemrogramannya Flash. Silahkan Anda nikmati bentuk-bentuk tersebut.
Anda dapat menikmati jika Anda bisa membawa pikiran Anda dalam suatu ruang tanpa batas dan Anda bayangkan
bahwa Anda termasuk salah satu partikel dari bentuk tersebut. Saya yakin Anda akan menemui keindahan bentuk-bentuk
di bawah ini. Bentuk-bentuk dibuat dengan dengan rumus-rumus matematika, sin, cos, akar, kuadrat, radian dll.

Berikut salah satu contoh script fungsi untuk membuat bentuk Cube:

function setPositionsRandomSphere(n:Number):void {
var splitLum:Number = 0;
var r:Number;
var theta:Number;
var phi:Number;
var sinPhi:Number;
var cosPhi:Number;
for (var t:Number=0; t<=particles.length-1; t++) {
p = particles[t];
r = Math.sqrt(2)*Math.pow(Math.random(),0.0125)*cubeSide/2;
//TESTING:
//r = cubeSide/2;
theta = Math.random()*Math.PI*2;
phi = Math.acos(2*Math.random()-1);
p.dest[n].x = r*Math.sin(phi)*Math.cos(theta);
p.dest[n].y = r*Math.sin(phi)*Math.sin(theta);
p.dest[n].z = r*Math.cos(phi);
}
}

Lihat bentuk-bentuk lainnya:
Cube

Orbits

Sphere

Waves

Advertisement
Matematika dan Action Script 3 | istiyanto | 4.5