Modul TIK SMA – Tutorial HTML

htmlpic

Sudah tiga kali saya mengajar HTML. Tetapi baru kali ini saya bisa menyempatkan waktu untuk membuat modul tentang HTML. Sebelumnya, saya menggunakan dua buku referensi, yaitu terbitan elexmedia komputindo dan informatika ITB, kemudian saya gandakan dan bagikan ke kelas-kelas. Cara tersebut memang praktis dan tidak terlalu menghabiskan waktu. Namun, sayangnya saya tidak memiliki file-file arsip yang dapat saya gunakan untuk tahun ajaran berikutnya. Yang ada hanya soal-soal HTML saja, tanpa modul atau tutorial.

Selama tiga kali mengajarkan HTML, banyak hal-hal yang terus saya perbaiki, penyampaian materi, urutan materi sampai dengan soal-soal yang diberikan. Hingga akhirnya, tahun ini saya sedikit mengubah strategi. Dulunya saya hanya “plek” sama persis mengikuti urutan-urutan seperti dalam buku, mulai dari memperkenalkan bentuk umum HTML, pengaturan font, warna, gambar, link, tabel dan seterusnya. Tapi saat ini urutan penyampaian materi saya ubah. Anda dapat melihat lebih lengakap dalam modul yang saya tautkan berikut.

Memang modul tersebut hanya untuk tiga s.d empat kali pertemuan. Namun, setidaknya sudah ada sedikit kemajuan dalam pengajaran saya. Strategi dalam modul saya, sebaiknya digunakan jika siswa atau peserta didik Anda memiliki tingkat kemampuan menengah ke atas, yang memiliki kelebihan dalam hal berlogika. Kebetulan saya mengajar untuk anak IPA, sehingga tidak ada kesulitan dalam memberi materi. Itulah, salah satu alasan mengapa saya sedikit mengubah strategi pengajaran saya. Dan sebaiknya Anda juga harus melihat konteks peserta didik Anda.

Materi HTML Dasar sebenarnya dapat Anda berikan untuk anak-anak SMP atau SMA Kelas X. Tetapi sebaiknya untuk SMP Anda ajarkan menggunakan Frontpage, yang mudah dalam pengoperasiannya. Sedangkan mengapa tidak saya berikan untuk kelas X, alasannya adalah karena urutan materi di sekolah saya memang sudah diatur sedemikian rupa.

Modul tersebut dibuat setelah saya mengajar dua sampai tiga kali pertemuan, agar saya juga memiliki celah bagaimana mengatur materinya. Semoga di posting berikutnya saya dapat membuat modul untuk pertemuan selanjutnya.

Download Modul HTML atau Klik Disini Untuk Modul Yang Lebih Lengkap

Modul TIK SMA – Tutorial HTML | istiyanto | 4.5