Operasi Matematika dan Flash

“Bagaimana membuat operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian dengan Flash ?” Pertanyaan ini dapat terjawab dengan mudah, yaitu dengan membuat script di panel Action Script Flash (F9). Dengan logika yang sama seperti pada pemrograman dasar Anda dapat menambahkan operasi-operasi matematika tersebut.

Flash telah mengeluarkan versi terbarunya, yaitu Adobe Flash 3.0. Seiring dengan itu, Flash juga mendampingkan produk terbarunya tersebut dengan Action Script 3.0. Feature-feature yang diberikan juga lebih maju daripada versi sebelumnya, Action Script 2.0.

Di Indonesia perbincangan mengenai Action Script 3.0 masih jarang dilakukan. Apalagi dikaitkan dengan cabang ilmu matematika. Di luar negri perkembangan action script dan matematika cukuplah pesat. Sudah banyak workshop-workshop mengenai hal tersebut. Pesertanya pun dari berbagai kalangan termasuk akademisi, pneliti dan designer. Selain itu, banyak masalah-masalah matematika yang sudah dapat disajikan dengan flash, sehingga dapat membantu siapa saja dalam mempelajari matematika.

Oleh sebab itu blog ini mungkin bisa menjadi awal bagaimana menjadikan action script sebagai suatu bahasa pemrograman yang menarik untuk dipelajari. Bagaimana matematika disajikan dengan Action Script ?

Baiklah, saya coba untuk menyajikan operasi matematika di Flash, namun masih menggunakan Action Script 3.0:

1. Masuk ke menu Action Script (F9)
2. Ketikkan script berikut ini:

a=10;
b=20;
c=a+b;
d=a-b;
e=a/b;
f=a*b;
trace(“Misal a = 10 dan b = 20”)
trace(“Maka a + b = “+ c);
trace(“Maka a – b = “+ d);
trace(“Maka a / b = “+ e);
trace(“Maka a * b = “+ f);

3. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya. Sederhana bukan ?
Perintah trace digunakan untuk menampilkan output, sama seperi write/writeln di Pascal atau printf di C++. Bagaimana menyajikan perintah-perintah tersebut secara GUI (interaktif flash). Simak posting selanjutnya !

Operasi Matematika dan Flash | istiyanto | 4.5