Pelatihan Excel untuk Guru PKBM di BLPT

Hari Jumat dan Sabtu, 5-6 Juni 2015 kemarin saya mendapat kesempatan untuk mendampingi guru-guru PKBM di BLPT Yogyakarta. Saya mendapat tugas dari Dinas Dikpora DIY Bidang PNF untuk melatih guru-guru dalam menggunakan Microsoft Excel. Sungguh ini merupakan pengalaman berkesan karena saya juga bisa belajar banyak dari mereka.

Materi yang saya berikan adalah Excel. Peserta memiliki kemampuan beragam. Dan kebetulan saya memperoleh kelas dari peserta yang memiliki kemampuan dasar dan menengah. Materi yang saya berikan merupakan materi Excel dasar dan hanya sampai dengan penggunaan, rumus-rumus dasar statistika, misalnya SUM, AVERAGE, MAX, dan MIN. Untuk mendampingi bapak/ibu saya tidak terbebani dengan target, namun lebih pada bagaimana bagaimana peserta dapat memahami dasar-dasar penggunaan Excel, sehingga mereka dapat mengembangan lebih lanjut di lingkungan mereka masing-masing.

Foto-foto kegiatan

?

?

?

?

?

Peserta pelatihan berasar dari wilaya-wilayah Propinsi DIY. Pelatihan ini merupakan rangkaian dari kegiatan BIMTEK Pembinaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Berbasih Informasi dan Teknologi (TI). Para peserta memperoleh materi Word, Excel, Powerpoint, Maril Merge, Penyusunan Jadwal, Aplikasi SSP, Internet dan Email.

Pelatihan Excel untuk Guru PKBM di BLPT | istiyanto | 4.5