PEMBUATAN MEDIA AJAR DENGAN FLIP BOOK MAKER

Kvisoft Flip Book Maker Pro

Materi ini saya bawakan pada pelatihan pembuatan media ajar dengan Flip Book Maker, untuk guru-guru Agama Katholik SMP dan SMA Kota Yogyakarta pada tanggal, 18 Oktober 2013. Pada pelatihan-pelatihan sebelumnya, saya sudah membawakan materi pembuatan media ajar dengan Power Point, Alkitab Elektronik, Xilisoft Video Cutter, dan Quiz Creator dll.

Adapun tujuan dari pelatihan ini adalah

1. Peserta dapat melakukan instalasi Pdf Creator dan Flip Book Maker
2. Peserta dapat membuat file Pdf menggunakan Pdf Creator
3. Peserta dapat membuat file buku menggunakan Flip Book Maker
4. Peserta dapat menambahkan teks dan animasi ke file buku
5. Peserta dapat menambahkan musik ke file buku
6. Peserta dapat menambahkan video ke file buku
7. Peserta dapat mem-publish dalam bentuk EXE dan SWF

Pengantar

Flip Book Maker merupakan software yang dapat mengubah tampilan file PDF menjadi lebihmenarik seperti layaknya sebuah buku. Tidak hanya itu, Ncesoft Flip Book Maker juga dapat membuat file PDF Anda menjadi seperti sebuah majalah, Majalah Digital, Flipbook, Katalog Perusahaan, Katalog digital dan lain-lain.

Apa manfaat Flip Book Maker dalam proses pembelajaran?

File pdf merupakan file yang memiliki ukuran lebih kecil dari file doc dan aman terhadap serangan virus. Keunggulan lain file pdf adalah file ini dapat diupload ke internet dengan mudah sehingga dapat diakses oleh semua siswa.

Ada kalanya dalam membuat modul/handout berisi materi ajar dan soal-soal latihan, para guru menggunakan file-file pdf. Namun, seiring perkembangan waktu tampilan file-file pdf saat ini cenderung biasa-biasa saja. Software Flip Book Maker dapat mengubah file-file pdf, file gambar menjadi lebih menarik untuk presentasi.

Software ini dapat digunakan agar presentasi terlihat lebih menarik dengan efek musik yang tampil dengan file SWF ataupun EXE, sehingga siswa dapat belajar dengan lebih menyenangkan. File-file ini juga dapat dimasukkan ke dalam TABLET, sehingga dapat ditampilkan lebih menarik.

Jenis-jenis software Flip Book Maker diantaranya, Ncesoft Flip Book Maker dan Kvisoft Flip Book Maker.  Pada Ncesoft Flip Book Maker kita dapat menambahkan file-file gambar, file pdf, file swf dan file video berformat FLV, sedangkan pada Kvisoft Flip Book Maker  kita dapat menambahkan file-file gambar, file pdf, file swf dan file video berformat FLV dan MP4.

Pada prinsipnya dua jenis software tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengkonversi file pdf/gambar/video menjadi file bertipe SWF atau EXE sehingga menjadi file buku yang menarik.

Untuk mendownload materi lebih lengkap dan software pendukung Anda dapat  request ke melalui email: istiyanto@ymail.com

Salam Pendidikan,

Istiyanto

PEMBUATAN MEDIA AJAR DENGAN FLIP BOOK MAKER | istiyanto | 4.5