Pengumuman Kelulusan Ujian Nasional (UN) 2011

Setelah melalui berbagai macam ujian, baik yang diselenggarakan sekolah maupun pemerintah (baca:kemdiknas), siswa-siswa kelas XII pada hari Senin, 16 Mei 2011 akan melihat hasil perjuangannya. Tahun ini penentuan kelulusan tidak hanya dilihat dari nilai Ujian Nasional (UN) yang diselenggarakan pemerintah, tetapi juga dari hasil perjuangan siswa-siswa selama semester 3, 4 dan 5.

Meskipun begitu, nilai Ujian Nasional tetap memiliki bobot yang lebih tinggi. Sistem semacam ini sebenarnya pernah diterapkan sewaktu saya masih SMA dulu, yang menggunakan nilai P, Q dan R. Menurut prediksi saya, dengan sistem yang berlaku seperti saat ini, tingkat kelulusan tahun ini akan meningkat dan lebih besar daripada tahun lalu. Dengan sistem ini siswa akan lebih diuntungkan.

Pengumuman kelulusan sebaiknya dilakukan dengan melihat berbagai macam pertimbangan yang lebih menguntungkan pihak sekolah dan siswa. Selama ini, masih banyak saja korban-korban kecelakaan lalu lintas sia-sia selama pengumuman kelulusan di tingkat SMA. Sekolah sebaiknya juga mengkondisikan siswa agar tidak melakukan konvoi di jalan raya, corat-coret baju yang dapat mengganggu ketertiban sosial.

Bagi siswa-siswa, jangan terlalu bereuforia dengan kelulusan Anda, lakukan syukuran dengan seperlunya. Perjalanan kalian masih panjang. Masa depan masih menunggu Anda untuk lebih suskses.

Doa dan harapan saya, Anda semua akan lulus dengan nilai yang memuaskan sesuai dengan usaha yang telah Anda lakukan.

Salam,

Istiyanto

Pengumuman Kelulusan Ujian Nasional (UN) 2011 | istiyanto | 4.5