Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X dan Kelas XI

Tahun ajaran ini saya berkesempatan untuk mengajarkan Prakarya dan Kewirausahaan. Sungguh ini menantang bagi saya untuk belajar kembali, membaca buku referensi dan kesempatan bagi saya untuk menggali ilmu dengan orang-orang yang ahli. Ini bukan kesempatan untuk mengeluh, protes atau apapun, tetapi saya akan memanfaatkan sebaik mungkin kesempatan ini.

Materi tentang kewirausahaan bukan sesuatu yang asing bagi saya. Berbekal pengalaman praktik langsung dan ilmu yang saya pelajari selama kuliah di Amikom Yogyakarta, saya akan berusaha untuk menyajikan materi dengan baik, persiapan yang maksimal. Buku tentang kewirausahaan banyak di internet, silabus pembelajaran dan rpp tinggal kita download dan kita pelajari. Buku siswa dari kemdikbud juga tidak terlalu jelek untuk dipelajari. Tetapi saya sarankan Anda untuk membaca buku-buku kewirausahaan perguruan tinggi.

Pada waktu kuliah saya pernah belajar tentang enterpreunership, technoprenership yang diberikan oleh Prof. Dr. M. Suyanto, masternya mata kuliah ini. Banyak hal yang aku pelajari disana. Tentunya kita harus dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi sekarang, media sosial untuk pemasaran dan jenis-jenis pekerjaan di masa yang akan datang. Anda harus belajar dan belajar!

Di pelajaran prakarya dan kewirausahaan ada 4 strand yang dapat Anda pilih, kerajinan, budidaya, rekayasa, pengolahan, Anda sesuaikan dengan kondisi lingkungan siswa-siswa Anda. Tentunya Anda kembangkan sendiri sesuai dengan kemampuan Anda. Bagi saya prakarya kewirausahaan merupakan penggabungan dari materi seni rupa, ekonomi, fisika, kimia, biologi, dan TIK. Tantangan bagi Anda untuk eksplor supaya materi menarik untuk dipelajari siswa.

Pada kesempatan ini saya juga akan membagikan materi PPT prakarya dan kewirausahaan kelas 10 dan kelas 11, pengantar sekaligus media pengajaran untuk para siswa. Semoga bermanfaat!

PPT Prakarya Kelas X SMA

PPT Prakarya Kelas XI SMA

Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X dan Kelas XI | istiyanto | 4.5