Prediksi UAN Matematika 2008

Meskipun pro-kontra Ujian Nasional (UAN) 2008 masih berlangsung, pelaksanaan UAN 2008 tetap dilaksanakan. Sebagai siswa, apakah Anda sudah mempersiapkan dengan sungguh-sungguh ? Meskipun tidak sesulit UM UGM atau SPMB, masih banyak siswa-siswa yang merasa dirinya kurang “PD” dengan kemampuannya. Akibatnya les privat dan ikut di bimbingan belajar menjadi salah satu pilihan.

Terlepas dari itu semua, setiap siswa yang akan melaksanakan UAN harus mempersiapkan diri dan stategi yang digunakan untuk UAN, mengingat materi UAN berasal dari kelas X, XI dan XII. Meskipun Anda pintar, tetapi kalau Anda tidak memiliki strategi, maka Anda akan gagal di ujian.

Untuk batas bawah nilai Matematika misalnya 5, maka setidaknya Anda harus benar 15 soal dari total soal 30. Bagian materi Matematika manakah yang Anda anggap mudah dan 

Anda akan mendapatkan poin untuk itu (benar 15 soal) ? Kebanyakan materi UAN memang berasal dari kelas XI, tetapi dasar dari itu semua adalah materi kelas X. Berdasar UAN sebelumnya dapat diperhatikan bahwa materi-materi tersebut sebenarnya dapat diprediksi dari sekarang.

Dalam blog ini saya akan membuat prediksi UAN Matematika 2008, termasuk soal-soalnya. Tetapi sebelumnya saya akan memberikan hal-hal yang perlu dipelajari ketika Anda belajar topik tertentu.

Analisis Prediksi Materi:

1. Persamaan Kuadrat (PK)

Dalam topik ini Anda harus dapat: menggunakan rumus jumlah dan akar-akar PK, rumus untuk menentukan PK baru, memfaktorkan, dasar-dasar aljabar. Dalam UAN biasanya topik ini dikaitkan dengan topik: logaritma, trigonometri dll.

2. Sitem Presamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)

Dalam topik ini Anda harus dapat: mencari penyelesian dari SPLTV, cara yang paling mudah adalah dengan gabungan metode substitusi dan eliminasi. Soal ini biasanya berupa soal cerita dan bisa dikaitkan dengan materi program linear untuk menentukan nilai maksimum atau minimum (dua variabel saja) dan juga materi matriks. Anda harus benar untuk soal ini, karena ini soal yang paling mudah diantara soal-soal lainnya.

bersambung ke bagian 2 …

Prediksi UAN Matematika 2008 | istiyanto | 4.5