Refleksi Bagi Guru di Hari Guru

Tanggal 25 November merupakan hari yang menurut saya penting bagi setiap guru. Di tengah aktifitas yang padat, marilah kita coba merefleksikan sejenak tugas kita sebagai guru. Apakah sampai saat ini kita sudah melakukan tugas kita sebagai guru yang professional yang memiliki kewajiban untuk mengajar sekaligus mendidik.

Kita mungkin tidak perlu menengok ke belakang (alasan kita jadi guru) dan besarnya kesejahteraan, dan tuntutan apapun disini. Jika posisi Anda saat ini sebagai guru, negeri/swasta, sejahtera/tidak, mampu/tidak, tua/muda, singkirkanlah itu. Sadarilah posisi Anda saat ini sebagai seorang pendidik, yang memiliki tugas mulia, mencerdaskan anak-anak didik kita, mengajarkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Ilmu yang kita miliki saat ini akan menjadi sia-sia jika tidak kita tularkan pada anak-anak kita, masa depan bangsa ini.

Hari ini disekolah saya tidak ada kegiatan belajar-mengajar. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tidak ada upacara bendera, orasi guru atau kegiatan yang berhubungan dengan hari ini. Sekolah tempat saya bekerja merupakan sekolah swasta, sehingga kegiatan di hari ini untuk istirahat di rumah, baik bagi siswa, guru dan karyawan. Esok, disekolah saya juga ada workshop PTK (Penelitian Tindakan Kelas) untuk meningkatkan profesionalitas sebagai guru.

Di hari guru ini, mungkin ada baiknya kita berefleksi, merenungkan sejenak perjalanan kita saat ini, agar perjalanan hidup kita tidak menjadi sia-sia dan berjalan begitu saja.

Selamat hari guru, sukses selalu dalam tugas dan karya kita di sekolah masing-masing.

Salam,

Istiyanto

Jumat, 25 November 2011

Refleksi Bagi Guru di Hari Guru | istiyanto | 4.5