Refleksi Empat Bulan Menjadi Blogger

Sudahempat bulan blog ini berjalan. Mulanya saya bingung, konten apakah yang ingin saya buat untuk blog ini ? Apakah blog personal atau tutorial komputer atau yang lain ? Kemudian ide muncul setelah blog ini berjalan 2-3 minggu. Beberapa senior blogger memberi masukan, agar blog saya diisi dengan hal-hal yang banyak dicari oleh pengunjung, namun tetap berkaitan dengan hobi atau profesi yang saya jalani. Berhubung saya mengajar komputerĀ dan matematika, maka kemudian blog ini saya isi dengan tutorial-tutorial flash dan file-file yang sekiranya dapat didownload secara gratis tanpa harus berbelit-belit prosedurnya. Ya, memang file-file yang saya tautkan adalah file-file yang sudah saya buat beberapa tahun yang lalu. Daripada mendekam di komputer, ada baiknya file-file tersebut saya share-kanĀ  pada yang membutuhkan.

Dua bulan berjalan, blog ini masih sepi dari pengunjung. Kemudian saya ganti strategi dengan mentautkan lebih banyak lagi tutorial dan soal-soal UAN. Alhasil, di bulan ketiga dan keempat blog ini perharinya mendapat pukulan 1000 lebih dari banyak pengunjung. Dan di bulan keempat ini untuk pertamakalinya bandwidth sudah mendekati batas yang diberikan dari pihak hosting.Membaca komentar-komentar dari pengunjung yang sebagian besar siswa adalah hal yang mengesankan. Namun, beberapa juga ada yang memberi masukan atau komentar negatif pada blog ini. Banyak juga yang minta dikirimin soal-soal UAN. Namun, karena kesibukan saya, saya belum dapat memenuhi semuanya. Mungkin teknik-teknik ngeblog yang lain masih harus saya pelajari agar saya tidak perlu mengirim email satu persatu dan semua pengunjung tetap terpuaskan.

Ya, blog ini memang masih jauh dari sempurna. Namun, setiap harinya saya masih berbenah-benah agar blog ini semakin diminati oleh pengunjung. Salam Blogger !!!

Refleksi Empat Bulan Menjadi Blogger | istiyanto | 4.5