Salah Kaprah eLearning

Ternyata tidak semua orang mengetahui bahwa huruf “e” pada eLearning bukanlah electronic, melainkan evolving atau everywhere atau enhanced atau extended. Hal inilah yang membedakan dengan email, electronic mail. Banyak orang beranggapan bahwa segala sesuatu yang menggunakan “e” dalam dunia internet berarti electronic. Padahal tidaklah demikian.

Elearning tidak hanya berarti pembelajaran elektronik. Sebenarnya, definisi tersebut hanyalah salah satu dari definisi elearning. Huruf “e” pada elearning berarti dimana-mana, dikembangkan secara kontinu, ditingkatkan dan diperluas. Elektronik hanyalah medianya saja.
Berdasarkan survey, sebagain besar orang yang bergerak dalam bidang elearning menggunakan tool-tool sebagai berikut. (diurutkan berdasarkan yang paling banyak digunakan)
1. Ms. Power Point
2. Ms. Word
3. Macromedia Dreamweaver
4. Macromedia Flash

Dengan membuat dokumen Ms. Word dan slide Power Point kemudian di Save As sebagai HTML bukan berarti bahwa Anda telah membuat elearning.

Definisi Elearning
Elearning adalah sebuah lingkungan belajar yang didukung dan terus berkembang, adanya proses kolaboratif dan berfokus pada peningkatan kinerja individu dan organisasi.

Nah, sekarang Anda pastinya mengetahui definisi elearning yang sebenarnya, sehingga cobalah untuk tidak menggunakan atau mengartikan huruf  “e” di bidang TI dengan pengertian electronic.

Salam,
Istiyanto

Salah Kaprah eLearning | istiyanto | 4.5