Seberapa Efektifkah Media Pembelajaran Yang Kita Buat ?

Mulai hari ini dan seterusnya sepertinya saya harus mulai aktif kembali untuk membuat modul-modul e-learning, tutorial dan soal-soal yang berkaitan dengan matematika dan TIK. Hampir setahun yang lalu saya terakhir kali membuat media pembelajaran dengan Flash. Saya pernah merasakan bagaimana repotnya membuat media pembelajaran dengan perangkat lunak tersebut. Tidak cukup 1 atau 2 hari untuk membuatnya. Namun, banyak juga pengalaman yang telah aku peroleh selama membuat media pembelajaran tersebut. Salah satu keuntungan membuat media pembelajaran dengan Flash adalah bahwa kita dapat membuat animasi yang bervariasi, pemilihan warna, objek semuanya terserah kita karena kita yang mendesainnya sendiri.
Salah satu pertanyaan yang masih mengganjal bagi saya saat ini mungkin adalah, seberapa efektifkah media pembelajaran yang kita buat ? Jika kita telah membuatnya dengan susah payah lalu manfaatnya apa bagi kita ataupun orang lain yang akan menggunakannya ? Ataukah cuma untuk menambah koleksi, supaya orang lain bisa download, melihat atraktifnya animasi yang kita buat, ajang pamer ? Kebanyakan dari kita mungkin hanya melihat sekali saja, animasinya menarik atau tidak atau bahkan setelah itu… ya sudah kita tumpuk begitu saja tanpa memperhatikan pas atau tidaknya media pembelajaran yang kita buat ? Apakah siswa menjadi lebih mengerti jika melihat media pembelajaran kita ?

Menurut saya, media pembelajaran akan menjadi bermakna jika media pembelajaran itu memberikan terobosan baru dalam penyampaian sehingga esensi yang terkandung dalam materi akan lebih tersampaikan kepada user. Tidak lebih menonjolkan atraktifitas animasi, tetapi menurut saya lebih pada esensi yang ingin ditawarkan pada user. Percuma kita membuat media pembelajaran tetapi kita user tidak memperoleh metode penyampaian terbaru dalam media pembelajaran tersebut.

Tidak salah kiranay kita membuat media pembelajaran yang bervariasi, full colour dan atraktif. Tetapi jangan lupa tujuan kita membuat media pembelajaran tersebut. Jangan sampai hal-hal tersebut menutupi esensi dari materi yang ingin kita sampaikan. Selamat berjuang demi kemajuan teknologi pendidikan di Indonesia.

Salam

Seberapa Efektifkah Media Pembelajaran Yang Kita Buat ? | istiyanto | 4.5